Serdang Bedagai Ciptakan Rekor MURI Menulis Resensi

share on:

Seirampah, Jubi/Antara – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, berhasil menciptakan rekor Museum Rekor Indonesia untuk kategori menulis resensi buku bacaan secara massal tahun 2015.

Rekor MURI tersebut diciptakan sedikitnya oleh 10 ribu siswa Serdang Bedagai yang dilaksanakan di Alun-alun Replika Istana Sultan Serdang, Sabtu (28/11/2015), yang merupakan rangkaian Peringatan Hari Guru ke-70 dan Deklarasi Gerakan Budaya Membaca.

Dalam kesempatan itu Pj Bupati Serdang Bedagai, Alwin, mengatakan sudah menjadi kewajiban pemerintah menyediakan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang salah satunya adalah dengan memberikan layanan pendidikan yang berkualitas.

“Sedangkan kualitas pendidikan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendorong warga sekolah khususnya dan masyarakat Serdang Bedagai umumnya untuk gemar membaca,” katanya.

Untuk itu, pihaknya perlu mendorong lahirnya gerakan budaya membaca.

“Tidak cukup hanya mengandalkan sekolah semata untuk menumbuhkan budaya membaca melainkan dibutuhkan kebijakan dan dukungan yang kuat dari pemerintah dan masyarakat secara massif,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Serdang Bedagai, Joni Walker Manik, mengatakan tujuan kegiatan itu untuk meningkatkan mutu pendidikan, keterampilan literasi di kalangan pelajar, menggerakkan budaya membaca, dan meningkatkan partisipasi warga untuk membudayakan membaca.

“Dari hasil kegiatan deklarasi budaya membaca kategori menulis resensi buku bacaan secara massal ini, Kabupaten Serdang Bedagai telah menorehkan sejarah baru yang telah terukir di MURI dengan Nomor Urut Rekor 7210 dan sebanyak 10.610 penulis resensi buku bacaan,” katanya. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Serdang Bedagai Ciptakan Rekor MURI Menulis Resensi