Pemerintah, Tuntaskan Illegal Loging di Sukikai Selatan

share on:
Kepala Suku Mee di bagian Pisaise, di Sukikai Selatan,Rudolof Anou, (pekan kemarin/Ernest-Jubi)
Kepala Suku Mee di bagian Pisaise, di Sukikai Selatan,Rudolof Anou, (pekan kemarin/Ernest-Jubi)

Dogiyai, Jubi – Kepala Suku Mee di bagian Pisaise Rudilof Anou mengatakan, pemerintah Kabupaten Dogiyai segera menghentikan illegal loging di Bidau, Distrik Sukikai Selatan, Kabupaten Dogiyai.

Menurutnya, tanpa sepengetahuan pemilik tanah, hutan dan kayu di Sukikai Selatan sudah mulai habis. Para investor Cina dan Korea hadir melalui sebuah PT.DIADYANI TIM BCR sejak 89 hingga kini. SK IUPHHK (SK 292/Menhut II/2009)-nya telah dibuat secara diam-diam tanpa izin pemerintah daerah sejak 18 Mei 2009. Para investor dari PT ini telah mengambil isi hutan dengan luas 205.160 Ha.

“Padahal kami rakyat biasa hidup dari alam dan hutan. Tapi kayu-kayu langka, seperti kayu besi, putih dan merah diambil sewenang-wenang oleh perusahaan illegal (perusahaan kayu) itu,” katanya.

Lanjutnya lagi, kondisi demikian, membuat hidup kami masyarakat adati mulai semakin tercabut dari akar-akar budaya. Ada banyak masyarakat dibunuh secara brutal oleh pemerintah saat itu. Juga kami masyarakat adat biasa distigma sebagai musuh negara.

“Hal ini masih berpotensi akan kehilangan masa depan Papua. Masih tidak lagi akan harapan hidup bagi Papua,” katanya.

Ketua Adat Tota Mapiha, Marthen Petenet Iyai mengatakan, pihaknya akan segera menutup perusahaan kayu yang masih mengambil kayu secara ilegal di Sukikai Selatan itu.

“Hutan ini kan milik masyarakat. Para investor apapun motivasi dan kepentingannya tidak punya hak untuk mengklaim hak-hak asasi masyarakat adat. Rakyat dengan hutannya adalah warisan Leluhur bagi generasi bangsa,” katanya.

Dihimbau, agar pemerintah Dogiyai segera bersatu dengan masyarakat adat untuk menolak semua PT., termasuk Prusahan Kayu illegal,  yang mengeksploitasi masyarakat dan hutan adat dan seraya membuat regulasi terkait perlindungan dan protensi hak-hak asasi adat. Ini jalan menuju keselamatan manusia dan hutan Papua, pintanya. (Ernest Pugiye)

 

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemerintah, Tuntaskan Illegal Loging di Sukikai Selatan