Satu TPS Akan Dijaga Satu Orang Panwas

share on:

Nabire, Jubi – Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Nabire, Adriana Sahempa, menuturkan bahwa pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pikada) Kabupaten Nabire 9 Desember 2015 mendatang setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan dijaga oleh satu orang Panitia Pengawas (Panwas).

Menurutnya, yang akan mengawasi dan menjadi ujung tombak adalah panwas di masing-masing TPS. “Iini merupakan kali pertama Panwas TPS tersebut dibentuk dan disiagakan dalam Pilkada di tiap TPS,” kata Adriana Sahempa di Nabire, Sabtu (28/11/2015).

“Pengawas TPS tersebut akan dipilih langsung oleh Panwas distrik, Surat Keterangan (SK) juga dikeluarkan oleh Panwas distrik sekaligus dengan biaya mereka,” katanya lagi.

Ia menambahkan, untuk di Kabupaten Nabire akan ada 334 pengawas TPS yang siap bertugas sesuai dengan jumlah TPS di Kabupaten Nabire yang terbagi kedalam 15 Distrik. Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Nabire yang akan diselenggarakan 9 Desember 2015 sebanyak 186.850 orang.

Dengan rincian 101.824 laki-laki dan 85.026 perempuan. Jumlah DPT tersebut tersebar di 15 Distrik, yakni Distrik Nabire, Napan, Yaur, Uwapa, Wanggar, Siriwo, Makimi, Teluk Umar, Teluk Kimi, Yaro, Nabire Barat, Moora, Dipa, dan Menou.

Total jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Nabire sebanyak 334 TPS. Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPU) Kabupaten Nabire, Petrus Rumere, mengajak seluruh masyarakat di Nabire menjaga keamanan dan kenyamanan dalam tahapan Pilkada di Nabire.

“Masyarakat di wilayah lain yang secara fisik berbatasan langsung dengan Kabupaten Nabire juga saya imbau untuk bisa menjaga keamanan,” kata Petrus Rumere, kepada Jubi di Nabire, belum lama ini. (Munir)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Satu TPS Akan Dijaga Satu Orang Panwas