Kaltara Tiga Besar Nasional Daerah Rawan Pilkada

share on:

Tanjung Selor, Jubi/Antara – Penjabat Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Triyono Budi Sasongko, menyebutkan sesuai pemetaan daerah pemilihan umum serentak, Kaltara masuk 3 besar daerah yang dinyatakan paling rawan.

“Kita dinyatakan masuk 3 besar daerah paling rawan setelah Maluku untuk pelaksanaan pilkada,” ucapnya, di Tanjung Selor, Selasa (1/12/2015).

Pria yang kini masih menjabat Sekretaris Utama Badan Pengelola Perbatasan Nasional ini mengatakan penilaian rawan ini akan dijadikannya sebagai tantangan baginya sebagai kepala daerah sementara. Ia menjelaskan ada tiga hal yang menjadi penilaian yang menyebutkan Kaltara masuk daerah rawan. Pertama, Kaltara sebagai daerah pemekaran baru sehingga profesionalisme penyelenggara pilkada masih dipertanyakan. Ia lalu menyimpulkan sesuatu yang berbeda dari apa yang selama ini dipantaunya.

“Selama ini saya paham betul kondisi perkembangan penyelenggara pilkada di Kaltara, saya selalu mengecek, mendampingi dan mendorong mereka khususnya KPU dan Bawaslu. Bagus sekali kerja teman-teman kita,” katanya.

Kedua, kaitannya dengan politik uang. Pusat menilai, Kaltara memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang relatif sedikit. Sehingga para tim pemenangan pasangan calon dengan mudah menghitung pemilih yang menjadi sasaran. “Saya rasa pemikiran ini sah-sah saja dan ini juga menjadi PR bagi saya sendiri bagaimana menyosialisasikannya ke masyarakat agar memilih secara bijak dan cerdas,” katanya.

Ketiga, Kaltara dianggap daerah remote atau terisolir. Penilaian ini pun ditanggapinya dengan tegas yakni dengan mengambil beberapa langkah salah satunya minta Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk memudahkan komunikasi antardaerah yang ada di 5 kabupaten/kota di Kaltara.

“Kita minta jaminan kepada mereka agar pada hari H bisa terselenggara dengan lancar. Termasuk PLN agar listrik jangan sampai mati,” kata Triyono.

Kaltara kendatipun belum memiliki Polisi Daerah (Polda), namun provinsi induk Kaltara dalam hal ini Kaltim siap menerjunkan 100 personelnya untuk keamanan di Kaltara pada hari H. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kaltara Tiga Besar Nasional Daerah Rawan Pilkada