Polres Jayawijaya Siap Amankan Pendistribusian Logistik Pilkada

share on:
Kapolres Jayawijaya, AKBP Semmy Ronny Thabaa ketika memberikan arahan pada apel gelar pasukan pengamanan pilkada Yalimo - Jubi/Islami
Kapolres Jayawijaya, AKBP Semmy Ronny Thabaa ketika memberikan arahan pada apel gelar pasukan pengamanan pilkada Yalimo – Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Kapolres Jayawijaya, AKBP Semmy Ronny Thabaa menegaskan bahwa jajaran Polres Jayawijaya siap mengamankan pendistribusian logistik pilkada Kabupaten Yalimo dan pada saat pencoblosan 9 Desember 2015.

Maka dari itu, untuk mempersiapkan pengamanan pemilu serentak se-Indonesia yang dilaksanakan termasuk di Kabupaten Yalimo, Polres Jayawijaya menggelar apel pasukan untuk mempersiapkan diri dalam pengamanan pendistribusian logistik pemilu yang akan dimulai Jumat (4/12/2015).

“Personil Polri harus mampu tetap menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada Yalimo tahun 2015 ini, segala tahapan telah dilalui dengan baik berikutnya kita akan mengawal pendistribusian logistik ke beberapa distrik di Yalimo,” katanya di Mapolres Jayawijaya, Kamis (3/12/2015).

Setelah dilakukan pendistribusian logistik, Kapolres menambahkan kegiatan inti nantinya ialah pencoblosan dan rekapitulasi suara, sehingga dirinya meminta kepada jajarannya agar personil kepolisian bekerja secara netral karena hal tersebut adalah tugas pokok dari kepolisian.

Ia juga meminta untuk mengabaikan jalinan silaturahmi kepada setiap pasangan calon yang ada pada proses pemilihan, agar tidak menjadi kendala dalam pengamanan pilkada Yalimo.

“Banyak potensi yang bisa timbul yang terjadi pada pemilu ini dari protes dan juga pihak yang tidak senang dengan adanya kedamaian di Yalimo, maka saya tekankan setiap personil harus bisa menahan diri dan melaporkan segala kegiatan yang berlangsung secara berjenjang dan menghindari konflik,” katanya.

Di tempat terpisah, Ketua KPU Yalimo, Yanes Alitnoe menjelaskan, pendistribusian logistik pilkada dimulai 4 Desember 2015 dengan mendahulukan distrik-distrik yang dijangkau pesawat. Pendistribusan logistik, 4 Desember – 8 Desember 2015 itu diawasi panitia pengawasan pemilu setempat dan Polres Jayawijaya.

“Ada tiga tempat yaitu distrik Benawa dua titik, Welarek empat titik dan Apalapsili satu titik yang akan menggunakan pesawat, sehingga harus didahulukan pendistribusiannya,” kata Yanes.

Logistik ini akan dikirim ke masing-masing PPD, untuk selanjutnya diteruskan kepada PPS dan KPPS. Setiap pendistribusian akan dikawal langsung oleh kepolisian juga Panwas. (Islami)

 

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Polres Jayawijaya Siap Amankan Pendistribusian Logistik Pilkada