Tagih Janji Jokowi, Enam Mama Papua ‘Bergerilya’ ke Jakarta

share on:
Mama-mama Papua didampingi Sekreatris Solpap, Roberth Jitmau dan Kordinator PapuaItuKita, Zely Ariane sedang pertemuan dengan Staf Khusus Presiden, Lenis Kogoya - Jubi/Ist
Mama-mama Papua didampingi Sekreatris Solpap, Roberth Jitmau dan Kordinator PapuaItuKita, Zely Ariane sedang pertemuan dengan Staf Khusus Presiden, Lenis Kogoya – Jubi/Ist

Jayapura, Jubi – Enam mama Papua pedagang dari Kota Jayapura pergi ke Jakarta untuk menagih janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang disampaikan akhir tahun 2014. Kala itu Jokowi menjanjikan dalam waktu setahun akan membangun dua pasar bagi Mama Papua. Faktanya, setahun hampir berlalu, yang ada hanya pasar sementara yang baru saja direnovasi.

Sekretaris Solidaritas Pedagang Asli Papua (SOLPAP), Roberth Jitmau, mengatakan hingga kini yang dibangun baru Pasar Pharaa di Sentani Kabupaten Jayapura dan bukan pasar khusus bagi pedagang asli Papua.

“Juni 2014, di depan mama-mama pedagang pasar, Jokowi kampanye dan janji membangun pasar permanen bagi mereka jika ia terpilih menjadi Presiden. Jokowi juga memberikan uang secara sukarela,” kata Roberth Jitmau, kepada Jubi, Rabu (2/12/2015).

Jitmau dan enam mama pedagang pasar, sedang ‘bergerilya’ di Jakarta untuk mendatangi instansi-instansi terkait, termasuk Presiden Jokowi.

“Kami mau tagih kepastian pembangunan pasar. Mereka yang akan berangkat adalah Mama Yuliana Pigai, Mama Martina Halitopo, Mama Yustina Arobaya, Mama Albertina Yapsenang, Mama Yohana Yumame, dan Mama Martha Basik Basik,” katanya.

“Saya sendiri yang kasih surat kepada Jokowi waktu dia datang kampanye di pasar. Dia janji akan bangun pasar untuk kami. Waktu pelantikan Jokowi sebagai Presiden, dia undang saya ke Jakarta. Dia ulangi lagi janjinya. Tapi sampai hari ini, tidak ada tanda-tanda pasar untuk kami ini akan dibangun,”kata Mama Yuliana Pigai.

Mama Yuli adalah salah satu perempuan yang menerima potongan tumpeng dari Presiden Jokowi di acara syukuran rakyat saat perayaan pelantikan pasangan Jokowi-JK di Jakarta, Oktober 2014 silam.

Agenda selama di Jakarta, kata Jitmau, SOLPAP akan didampingi Papua Itu Kita di bawah koordinator Zely Ariane akan ke beberapa instansi terkait, termasuk menggalang solidaritas agar perjuangan mama-mama pasar tidak sendiri. “

Saat ini, sasaran awal roadshow mama-mama adalah kantor Staf Presiden (KSP) dan kantor Kementerian BUMN, termasuk Istana Negara,” katanya.

“Kami akan menggelar Pasar Noken, Jumat (4/11) pukul 14.00 WIB. Setelah itu kami akan jumpa pers dan menggelar dagangan pasar, termasuk anyam noken oleh Papua Itu Kita, di Kantor LBH Jakarta,” katanya. (Abeth You)

Editor : dominggus
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tagih Janji Jokowi, Enam Mama Papua ‘Bergerilya’ ke Jakarta