PM Cook: Pasifik Adalah Korban Lingkungan, Tetapi Juga Pemimpin

share on:
Perdana Menteri Kepulauan Cook, Henry Puna - AFP / FILE
Perdana Menteri Kepulauan Cook, Henry Puna – AFP / FILE

Jayapura, Jubi – Perdana Menteri Kepulauan Cook, Henry Puna, mengatakan Pasifik telah melakukan semua yang bisa untuk meningkatkan ketahanan terhadap perubahan iklim, dan seluruh dunia harus menambah lebih untuk membantu mereka.

PM Puna mengatakan negara-negara pulau kecil yang sedang berkembang pantas mendapat pengakuan khusus dalam perjanjian yang mengikat setiap ditempa di perundingan perubahan iklim di Paris, COP 21.

Ia menegaskan bahwa perlu ada ketentuan kerugian dan kerusakan termasuk dalam perjanjian. Perdana menteri Puna mengatakan ia menerima titik bahwa negara-negara Pasifik perlu dilihat untuk melakukan sesuatu untuk diri mereka sendiri untuk meningkatkan ketahanan iklim. Namun, ia mengatakan Pasifik juga sudah melakukan apa yang bisa dilakukan.

“Saya percaya bahwa kita tidak hanya korban lingkungan, tapi kami juga pemimpin lingkungan. Di Kepulauan Cook kami telah mengambil beberapa komitmen yang sangat ambisius. Kami memiliki komitmen untuk konversi 50 persen untuk energi terbarukan pada tahun ini, dan saya senang mengatakan kami telah melakukan itu. Sisi lain, 100 persen, akan dilakukan pada tahun 2020. Sekarang adalah kepemimpinan,” kata perdana menteri Puna, mengutip Radio New Zealand, Selasa (8/12/2015). (Yuliana Lantipo)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PM Cook: Pasifik Adalah Korban Lingkungan, Tetapi Juga Pemimpin