Bupati se-Papua Diminta Dukung Komnas HAM

share on:
Kepala Perwakilan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) perwakilan Papua, Frits Ramandey saat berbincang dengan Gubernur Papua Lukas Enembe – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua, Lukas Enembe meminta para bupati se Papua untuk memberi dukungan kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk pendidikan dan pelatihan HAM bagi aparatur pemerintah sampai pada tingkat kampung.

“Dukungan sangat diperlukan dalam meningkatkan SDM dibidang HAM terutama mengenai implementasi pembangunan berbasis HAM,” kata Lukas Enembe, di Jayapura, Kamis (10/12/2015).

Selain meminta dukungan, Enembe juga menghimbau kepada seluruh aparatur pemerintah agar membuat kebijakan pembangunan berbasis Hak Asasi Manusia (HAM). “Pembangunan harus melibatkan dan bermanfaat nyata bagi masyarakat,” ucapnya.

Sedangkan untuk TNI-Polri diminta agar benar-benar mengimplementasikan standar dan prinsip HAM didalam pelaksanaan tugas dan fungsinya.”Tidak boleh lagi ada darah dan air mata di atas tanah ini,” ucapnya lagi.

Dengan demikian, Enembe berharap kepada semua masyarakat di Papua agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang berujung pada tidak terpenuhina hak asasi orang lain.

“Ingat bahwa kita bukan hanya memiliki hak, tetapi kita juga memiliki kewajiban. Harus ada keseimbangan antara hak dan kewajiban,” kata Enembe.

Untuk itu lanjutnya, semua pihak agar saling menghormati antara satu dengan yang lain. Sebab, jika upaya pemajuan dan penegakan HAM menjadi agenda bersama, maka cita-cita Papua untuk bangkit, mandiri dan sejahtera pasti akan tercapai.

“Disamping itu, Komnas HAM Perwakilan Papua harus berkomitmen memberi dukungan dalam rangka pemajuan dan penegakan HAM di Papua,” katanya. (Alexander Loen)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bupati se-Papua Diminta Dukung Komnas HAM