Ini Kondisi HAM 2015 Versi Aktivis HAM Pegunungan Tengah Papua

share on:
Tim Peduli HAM Pegunungan Tengah Papua saat memberikan keterangan pers - Jubi/Islami
Tim Peduli HAM Pegunungan Tengah Papua saat memberikan keterangan pers – Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional yang jatuh setiap tanggal 10 Desember, diperingati di seluruh dunia, termasuk di Papua begitu juga di Kabupaten Jayawijaya.

Beberapa kota di Papua dilakukan dengan menggelar aksi demo untuk memperingati hari tersebut. Di Wamena, Jayawijaya, kaum peduli HAM merefleksikan pelanggaran HAM selama tahun ini dengan menggelar diskusi dan jumpa pers di Rumah Bina Wamena, Kamis (10/12/2015).

Ketua Advokasi dan HAM Pegunungan Tengah Papua, Theo Hesegem, bersama aktivis HAM lainnya, Pastor Jhon Djonga, Julianus Ivan Simamora, Cyrus Simalango, Ketua Dewan Adat Balim Lapago, Engelbert Sorabut, Tokoh Perempuan Maria Wetipo dan Budayawan Niko Ricard Lokobal.

 Situasi HAM di Pegunungan Papua disebutkan:

I. Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya

– Kelangkaan dan tingginya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang menyebabkan mahalnya harga-harga barang kebutuhan hidup yang sudah lama terjadi, membuat masyarakat di wilayah ini merasakan adanya diskriminasi dibandingkan masyarakat Indonesia di wilayah lain.

– Buruknya kondisi pelayanan kesehatan dan pendidikan masih terus terjadi, petugas kesehatan dan guru-guru yang tidak ada di tempat, Puskesmas dan Sekolah tanpa fasilitas yang memadai yang mengakibatkan masyarakat pegunungan tengah Papua berada dalam kondisi tertinggal jauh dibandingkan wilayah lainnya di Indonesia.

– Program-program dari pemerintah pusat seperti beras untuk masyarakat miskin (raskin) dan perumahan untuk rakyat yang dilaksanakan di kabupaten tidak transparan dan akuntabel, tidak jelas siapa penanggung jawabnya dan bagaimana sistem dan prosedur yang seharusnya, karena hampir semua tidak tepat sasaran, tidak tepat biaya, tidak tepat jumlah, tidak tepat waktu, tidak tepat kualitas dan tidak tepat budaya.

Editor : TIMOTEUS MARTEN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Ini Kondisi HAM 2015 Versi Aktivis HAM Pegunungan Tengah Papua