Waropen Dijadikan Pusat Pengembangan Gaharu

share on:

Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Waropen, Karsudi - Jubi/Alex
Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Waropen, Karsudi – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat, Dinas Kehutanan Kabupaten Waropen akan jadikan wilayahnya sebagai pusat pengembangan gaharu Papua.

“Kami akan jadikan Waropen sebagai pusat pengembangan gaharu Papua,” kata Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Waropen, Karsudi, di Jayapura, Rabu (9/12/2015).

Untuk wujudkan itu, ujar Karsudi, beberapa hal sudah dilakukan pihaknya, antara lain melakukan persemian permanen gaharu dengan produksi per tahunnya sebanyak 14 ribu bibit pohon dan akan akan
dilakukan secara mekanis.

“Itu sudah kami bangun dan ada lagi satu khusus persemian permanen bibit gaharu. Ini sudah dibangun pada tahun ini dengan harapan apabila bibit tersedia dengan baik, maka akan dibagi secara gratis kepada masyarakat,” ucapnya.

Karsudi berharap, apabila bibit pohon gaharu sudah ditanam di sekitar pekarangan rumah dengan teknologi inokulasi gaharu, dalam jangka waktu delapan tahun masyarakat sudah bisa memanen.

“Dengan demikian paling tidak ada pengembangan ekonomi masyarakat,” kata Karsudi.

Dia menambahkan di Waropen, ada dua jenis kelompok masyarakat yakni daerah pantai dan daratan. Untuk daerah pantai masyarakat sudah terbiasa menanam bakau.

“Masyarakat daerah daratan rata-rata adalah petani, untuk itu akan kami ajak tanam gaharu,” ucapnya.
Secara terpisah, Ning Wanggai, warga Distrik Urei Faisei menilai apa yang dilakukan Dinas Kehutanan sangat tepat, mengingat Waropen miliki tanah yang subur sehingga cocok untuk dikembangkan sebagai pusat gaharu Papua.


“Saya sambut baik rencana ini, kalau bibitnya sudah ada saya akan ambil untuk ditanam disekitar pekarangan rumah saya,” kata Ning. (Alexander Loen)

Tags:
Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Waropen Dijadikan Pusat Pengembangan Gaharu