Perempuan-perempuan Tangguh di Kampung Hamonggrang, Nimboran

share on:
Mama Epi ketika menunjukan Tanaman Kakao yang siap di tanam - Jubi / Engel Wally
Mama Epi ketika menunjukan Tanaman Kakao yang siap di tanam – Jubi / Engel Wally

Sentani, Jubi – Peran perempuan-perempuan di Kampung Hamonggrang tak bisa disangkal lagi. Mereka tampil sebagai tulang punggung ekonomi rumah tangga. Karena itu tingkat kesejahteraan tidak hanya dengan mencapai hidup yang mewah, memiliki segalanya.

“Kesejahteraan itu bisa dimiliki dimana saja, agar kita niat dan tulus untuk melakukannya,”kata Orpa Andoy, Ketua Kelompok Tani Wanita Kampung Hamonggrang kepada Jubi, pekan lalu.

Kesehariaannya adalah mengolah beden kebun seuas 50X50 di halaman rumahnya, sementara lahan yang besar yang ditanami kakao milik keluarga suaminya jauh dari rumah mereka tinggal.

“ Jadi pagi –pagi saya lebih dulu bangun sebelum anak-anak da suami bangun, saya kerja mengolah beden yang ada di pekarangan rumah, untuk menanm bibit sayur mayur yang sudah saya dapat. Tetapi pekerjaan rumah untuk mempersiapkan sarapan bagi anak-anak yag oergi sekolah sudah menjadi tugas utama saya juga. Nanti setelah mereka berangkat ke sekolah baru saya kekebun kakao untuk sekedar membersihkan atau mengecek buah-buahnya,” ujarnya.

Editor : dominggus
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Perempuan-perempuan Tangguh di Kampung Hamonggrang, Nimboran