GOR Miliar Rupiah di Kabupaten Jayapura Tersandung Hak Ulayat

share on:
GOR Toware yang kini tak difungsikan – Jubi/Doc

Jayapura, Jubi- Salah satu Ondoafi di Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura Papua, Orgenes Kaway menyatakan, masih ada pembayaran ulayat belum selesai sehingga GOR Toware, yang dibangun pemerintah kabupaten setempat di Kampung Kwadewari, Distrik Waibu, beberapa tahun lalu tak difungsikan hingga kini.

Hal itu dikatakan Orgenes Kaway menanggapi adanya pihak yang menyatakan, sudah tak ada masalah dengan GOR yang menelan dana puluhan miliar tersebut.

“GOR itu didirikan ketika masa kepemimpinan Habel Suwae. Beberapa waktu lalu ada yang mempertanyakan kenapa GOR itu tak dimanfaatkan, padahal sudah tak ada masalah. Saya pikir itu keliru. Kenyataan, kini GOR itu dipalang suku Tonkuye,” kata Kawai akhir pekan lalu.

Menurut anggota DPR Papua dari Dapil Kota/Kabupaten Jayapura, Sarmi dan Keerom itu, jika ada pihak yang menyatakan sudah tak ada masalah, silahkan menunjukkan bukti-bukti. Jangan hanya sekedar bicara.

“Jangan omong kosong. Saya selaku pimpinan adat di sana menyesal kalau ada pernyataan seperti itu. Itu aset kabupaten, harusnya pemerintah memikirkan bagaimana penyelesaiannya, agar tak terbengkalai begitu saja,” ucapnya.

GOR Toware dibangun dimasa Habel Melkias Suwae menjabat Bupati Jayapura. GOR itu bisa menampung hingga enam ribu orang. Pembangunan GOR disebut-sebut menelan biaya hingga Rp 37,4 miliar selama lima tahun anggaran (2007-2011). Tahun pertama dianggarkan senilai Rp. 6,989 miliar, pada 2008, Rp. 5,980 miliar, 2009 senilai Rp. 8,129 miliar, 2010 senilai Rp. 3,695 miliar dan anggaran 2011 sebesar Rp. 12,676 miliar.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengatakan, GOR itu siap dipakai ketika Papua tuan rumah PON XX, 2020 mendatang. Hanya saja hingga kini GOR Toware belum difungsikan maksimal akibat sengketa hak ulayat yang berkepanjangan.

“Dalam waktu dekat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kami akan mengaktifakan kembali semua aktivitas olahraga di GOR tersebut,” kata Awoitauw beberapa waktu lalu. (Arjuna Pademme)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  GOR Miliar Rupiah di Kabupaten Jayapura Tersandung Hak Ulayat