Suripno: Mesak Manibor Lakukan Pembohongan Publik

share on:
Pelaksana tugas harian (Plt) Bupati Sarmi, Ir Albertus Suripno saat menunjukan foto-foto Mesak manibor yang melakukan aktivitas di Pemerintahan Sarmi padahal yang bersangkutan belum mempunyai status hukum jelas - Jubi/Roy Ratumakin.
Pelaksana tugas harian (Plt) Bupati Sarmi, Ir Albertus Suripno saat menunjukan foto-foto Mesak manibor yang melakukan aktivitas di Pemerintahan Sarmi padahal yang bersangkutan belum mempunyai status hukum jelas – Jubi/Roy Ratumakin.

Jayapura, Jubi – Surat keputusan yang dikeluarkan Menteri Dalam Negeri No 131.91-5878 tahun 2015 tanggal 3 November 2015 tentang pemberhentian sementara Mesak Manibor sebagai Bupati Sarmi masa jabatan 2011-2016. Menunjuk Wakil Bupati Albertus Suripno sebagai pelaksana tugas dan kewajiban Bupati Sarmi. Namun surat tersebut tidak diindahkan Mesak Manibor yang saat ini status hukumnya belum jelas.

Malah, Mesak Manibor masih mengaku kepada masyarakat Sarmi bahwa dirinya masih menjabat sebagai Bupati Sarmi. Untuk itu, Pelaksana tugas harian (Plt) Bupati Sarmi, Ir Albertus Suripno mewakili Pemerintah Kabupaten Sarmi mempertanyakan status hukum pengalihan tahanan Bupati non aktif Mesak Manibor dari tahanan rutan menjadi tahanan kota oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Klas I A Jayapura sejak 16 November 2015 lalu.

Menurut Albertus, kendati sudah dinon aktifkan sejak 6 Oktober 2015, namun Manibor yang menjadi terdakwa kasus dugaan korupsi masih saja melaksanakan tugas pemerintahan di Kabupaten Sarmi. Selanjutnya, berdasarkan radiogram no T-/31/14905/SET yang dikirimkan Gubernur Papua Lukas Enembe pada 10 Desember 2015, dimana formulir itu menyampaikan bahwa Mesak Manibor tidak diperbolehkan untuk melaksanakan tugas pemerintahan sampai proses hukum berakhir dan mempunyai kekuatan hukum tetap.

“Mengacu ke SK Mendagri dan Gubernur Papua itu maka Mesak Manibor ditetapkan sebagai Bupati non aktif. Tapi kenyataannya, setelah mendapat pengalihan tahanan kota karena berdasarkan alasan sakit, rupanya dia (Mesak-red) langsung datang ke Sarmi dan membuat kegiatan pelaksanaan pemerintahan mulai dari pembukaan hingga peresmian. Bahkan dia juga menghadiri dan menjadi pembicara dalam kegiatan Musrembang yang menentukan rencana jangka panjang 2015-2025 serta menutup Diklat Prajabatan di Kabupaten Sarmi,” kata Albertus kepada wartawan, Jumat (11/12/2015).

Editor : dominggus
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Suripno: Mesak Manibor Lakukan Pembohongan Publik