Bayi Ini Lahir dari Sperma Berusia 23 Tahun

share on:
Xavier Powell bersama dua orang tuanya - AsiaOne
Xavier Powell bersama dua orang tuanya – AsiaOne

Jayapura, Jubi – Xavier Powell telah dijuluki bayi tertua di dunia setelah ia lahir dari sperma yang diambil hampir 23 tahun yang lalu. Bayi laki-laki ini baru saja menerima gelar dari Guinness World Book of Records

Menurut The Mirror Inggris, Xavier lahir pada tanggal 17 Juni tahun ini dari pasangan Australia Alex Powell dan Vi Nguyen melalui fertilisasi in-vitro (IVF).

Powell sendiri saat berusia 15 tahun, didiagnosis dengan jenis kanker langka yang mempengaruhi sistem limfatik – limfoma Hodgkin. Meskipun ia hanya seorang remaja pada saat itu, ibu tirinya menasihatinya untuk membekukan spermanya sebelum menjalani kemoterapi.

Sel sperma diketahui dapat mudah rusak oleh kemoterapi karena membunuh sel-sel yang membelah dengan cepat. Pengobatan juga dapat mengurangi jumlah sel sperma, mengurangi kualitas sperma, dan menyebabkan pasien kanker menderita infertilitas.

Setelah apa yang Powell gambarkan sebagai “sesi canggung” di bank sperma, sampel air maninya tetap beku di fasilitas ini selama lebih dari dua dekade. Dia kemudian pulih dari kanker yang dideritanya dan kemudian bertemu istrinya.

Pasangan ini memutuskan untuk memiliki anak melalui IVF pada akhir 2013, dan menghabiskan hampir satu tahun serta setengah dari sperma beku milik Powell. Pada kelahiran anaknya, Powell mengatakan ia ingin mencoba mendapatkan anak kedua menggunakan metode yang sama.

Sebelumnya, seorang bayi perempuan lahir di Amerika Serikat pada 2009 yang diyakini sebagai pemegang rekor ‘bayi tertua di dunia’ sebelum kedatangan Xavier.

ABC News melaporkan bahwa dia lahir 22 tahun setelah ayahnya Chris Biblis membeku spermanya saat ia berjuang melawan leukemia pada tahun 1986.

Menurut para ahli medis, sperma yang beku di 196 derajat Celsius dapat disimpan dan digunakan untuk waktu yang tidak terbatas. (*)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bayi Ini Lahir dari Sperma Berusia 23 Tahun