KPUD Manokwari Pleno Rekapitulasi Suara

share on:
Ilustrasi
Ilustrasi

Manokwari, Jubi/Antara – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Manokwari, Provinsi Papua Barat, menggelar pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat, Kamis.

Komisioner KPUD Kabupaten Manokwari, Aplena F. Rumaikeuw di Manokwari, Rabu (16/12/2015), mengatakan, sembilan panitia penyelenggara distrik (PPD) di daerah itu, sudah menyerahkan hasil rekapitulasi di wilayah masing-masing.

Ia menyebutkan, saat ini, seluruh hasil rekapitulasi di tingkat distrik sudah diamankan di kantor KPUD Manokwari dengan penjagaan ketat aparat Kepolisian.

“Kecuali hasil pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kampung Binirau, Disktrik Manokwari Barat, dan TPS 19 Kampung Anggori, Distrik Manokwari Timur, yang hari ini melakukan pencoblosan ulang,” kata Aplena.

Rekapitulasi dilakukan secara keseluruhan, termasuk dua TPS yang mengulang pencoblosan Kamis pagi. Aplena menyabutkan, partisipasi pemilih di daerah ini, cukup bagus, kecuali di Distrik Manokwari Barat yang menurun dibanding Pemilihan Legislatif dan Presiden 2014 lalu. Secara keseluruhan, ia memprediksi, partisipasi pemilih pada pilkada ini mencapai 70 persen dari total jumlah pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pilkada tersebut.

“DPT kita di Manokwari sebanyak 125.921 pemilih, kita menargetkan pemilih kita bisa mencapai 100 persen, namun hal itu belum bisa terwujud,” kata dia.

Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten di kantor KPUD Manokwari itu akan dilakukan tepat pukul 09.00 WIT. Ia yakin rekapitulasi ini akan berlangsung lebih cepat dibanding Pilpres 2014 lalu sebab di Manokwari tersisa sembilan distrik.

“Untuk pengumuman pemenang pilkada, sesuai jadwal akan kami laksanakan antara tanggal 21 dan 22 Desember, kalau tidak ada kandidat yang mengajukan gugatan,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini proses pengiriman hasil formulir C-1 atau blangko hasil penghitungan suara tingkat TPS masih dilakukan. Namun pemindaian formulir C-1 ini terkendala jaringan internet. (*)

Editor : TIMOTEUS MARTEN
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KPUD Manokwari Pleno Rekapitulasi Suara