Resiko Kanker Paru-Paru Lebih Rendah Bagi Perempuan yang Pernah Melahirkan

share on:
Ilustrasi - IST
Ilustrasi – IST

Jayapura, Jubi – Perempuan yang melahirkan setidaknya satu anak memiliki risiko 44 persen lebih rendah menderita kanker paru-paru.

Studi yang dilakukan National University of Singapore (NUS) menemukan kecenderungan ini setelah menganalisis catatan lebih dari 28.000 perempuan.

Dalam studi ini, total 311 wanita menderita kanker paru-paru selama masa studi. Lebih dari 93 persen mereka adalah non perokok. Studi juga menyebutkan faktor reproduksi lainnya, termasuk usia menopause, masa reproduksi, usia persalinan pertama, menyusui, kontrasepsi oral dan terapi hormon, tidak terkait dengan risiko kanker paru-paru.

Dr Tan Min-Han, yang turut menulis penelitian, mengatakan bahwa, studi mereka ternyata bertentangan dengan kepercayaan populer bahwa korban kanker paru-paru cenderung sebagian besar perokok, sebab delapan dari 10 perempuan yang terkena kanker paru-paru di Singapura, tidak merokok.

“Dalam studi ini, memiliki setidaknya satu anak berkaitan dengan pengurangan substansial dalam risiko kanker paru-paru untuk para wanita perokok dan non perokok,” kata Dr Tan Min-Han. (Victor Mambor)

Editor : Victor Mambor
Sumber : Asia One
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Resiko Kanker Paru-Paru Lebih Rendah Bagi Perempuan yang Pernah Melahirkan