Papua Rebut Wakil I Duta Wisata Indonesia 2015

share on:
Duta Wisata Papua, Richardo Kaisiri dan Ribka Yoku, saat foto bersama (Foto Facebook Ribka Yoku)
Duta Wisata Papua, Richardo Kaisiri dan Ribka Yoku, saat foto bersama (Foto Facebook Ribka Yoku)

Timika, Jubi – Duta Wisata Papua, Richardo Kaisiri dan Ribka Yoku, berhasil merebut runner up pada pemilihan Duta Wisata Indonesia 2015. Raka dan Raki Jawa Timur menyabet juara dalam Pemilihan Duta Wisata Indonesia (PDWI) 2015, yang digelar di Gedung Kesenian Jakarta, Minggu (13/12/2015) malam.

Cahya Arief Fredyana (Raka Jawa Timur 2015) dan Wardina Mumtazah (Harapan 1 Raki Jawa Timur 2015) sebagai Duta Wisata Indonesia 2015. Duta Wisata Kalimantan Timur, Jevon Samuel dan Maya Elvira, menempati peringkat ketiga.

“Saya mengaku sangat senang dan berterimakasih atas dukungan dari masyarakat Papua dan Indonesia, sehingga untuk pertama kali saya dengan Richardo Kaisiri sebagai Duta Wisata Papua bisa masuk menjadi Wakil I Duta Wisata Indonesia,” kata Ribka Yoku, ketika dikonfirmasi tabloidjubi.com v ia telpon selularnya, Senin (14/12/2015) malam.

Sebelumnya dari postingan Ribka Yoku di laman facebook-nya, dirinya sangat mengharapkan dukungan masyarakat.

“Saya dan Kakak Richardo telah melakukan yang terbaik dan malam ini kita telah dinobatkan sebagai Wakil 1 Duta Pariwisata Indonesia atau dengan kata lain Juara 2 Pemilihan Duta Wisata Indonesia,” tulisnya dengan bangga pada laman facebook-nya.

Ribka bersama Richardo menuturkan, pihaknya akan tetap mempromosikan budaya dan pariwisata Papua. Sebagai Wakil I Duta Indonesia, mereka akan lebih berkonsentrasi dalam kegiatan promosi dan edukasi terhadap potensi pariwisata yang ada.

“Rencana tahun depan akan dilakukan pemilihan Duta Wisata Indonesia di Papua,” katanya.

Seperti dikutp dari lensaindonesia.com, disebutkan selama prosesi pemilihan, para finalis mengikuti rangkaian karantina yang dilakukan di Hotel Desa Wisata Taman Mini Indonesia Indah, 9–14 Desember 2015.

Rangkaian karantina dikemas dalam beberapa sesi dan juga tes antara lain pembekalan dari Asosiasi Duta Wisata Indonesia, praktisi dan akademisi, hingga kunjungan ke DPR/MPR dan audiensi dengan Irman Gusman (Ketua DPD RI).

Tema pemilihan Duta Wisata Indonesia 2015 adalah “Melalui Pemilihan Duta Wisata Indonesia Kita Bangkitkan Revolusi Mental Dunia Pariwisata Untuk Wujudkan Poros Maritim Dunia”.

Ketua Umum Asosiasi Duta Wisata Indonesia, Adi Pratama, berharap peran Duta Wisata dari sekedar ikon menjadi pelaku utama dalam menjalankan kampanye pariwisata.

“Saya ingin duta wisata tidak hanya menjadi pembawa nampan dan bertugas menemani pejabat pada acara besar, namun juga bisa menjadi marketer dari berbagai destinasi wisata yang ada di Indonesia,” katanya. (Eveerth Joumilena)

 

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Papua Rebut Wakil I Duta Wisata Indonesia 2015