Kesuksesan Pemilihan Sela Vanuatu Dirayakan Para Kandidat

share on:
Rakyat Vanuatu melakukan Pemilihan Sela di Port Vila, Jumat (22/1/2016) – RNZI
Rakyat Vanuatu melakukan Pemilihan Sela di Port Vila, Jumat (22/1/2016) – RNZI

Jayapura, Jubi – Untuk sejenak, Port Vila, Ibukota Vanuatu seakan “meledak” Sabtu (23/1/2016) dengan konvoi kendaraan dan orang-orang yang bergembira setelah Pemilu Sela berhasil diselenggarakan sehari sebelumnya. Para kandidat diarak berkeliling kota Port Vila.

Di salah satu ruas jalan Port Vila, Rue de Cornwall, tampak puluhan orang berada di truk. Sebagian dari mereka bergantungan di sisi truk itu. Mereka bersorak dan mengibarkan bendera ketika konvoi itu bergerak perlahan sepanjang jalan. Masyarakat lainnya menonton konvoi ini dari pinggir jalan, toko maupun rumah mereka. Dalam truk itu, melambaikan tangannya dengan senyum, Ismail Kalsakau, seorang anggota parlemen yang baru terpilih, yang tidak henti-hentinya menerima wawancara dari wartawan.

Pada bulan Desember tahun lalu, Presiden Baldwin Lonsdale membuat deklarasi yang luar biasa untuk membubarkan parlemen menyusul kebuntuan politik selama berbulan-bulan. Pembubaran parlemen ini dilakukan sebagai konsekuensi atas pemenjaraan 14 anggota parlemen karena kasus korupsi, termasuk wakil perdana menteri Moana Karkas dan kemudian-ketua parlemen, Marcellino Pipite yang mengampuni para anggota parlemen yang telah ditahan untuk diadili. Pipite dalam kapasitasnya sebagai penjabat presiden pada saat itu. Sementara seorang anggota parlemen lainnya, Willie Jimmy, diberi hukuman percobaan karena mengaku bersalah.

Para anggota parlemen dipenjara selama empat tahun dan dilarang menduduku jabatan publik selama sepuluh tahun. Sebulan kemudian, rakyat Vanuatu pergi ke tempat pemungutan suara yang oleh Ketua Pengamat Persemakmuran, Hubert Ingraham, mantan perdana menteri dari Bahama, mengatakan dikatakan “tertib dan damai”.

“Pandangan umum kami, para pejabat dalam pelaksanaan pemilihan ini sangat menjunjung profesionalisme dan integritas. Mereka memastikan proses pemungutan suara diselenggarakan dengan baik dan para pemilih dapat memberikan suara mereka secara tertib,” kata Ingraham.

Editor : Victor Mambor
Sumber : -
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kesuksesan Pemilihan Sela Vanuatu Dirayakan Para Kandidat