Miras Milik Oknum DPRD dan PNS Diamankan

share on:
Tim PAMN Paniai sedang perlihatkan barang sitaannya, Senin (25/01) – Jubi/Abeth You
Tim PAMN Paniai sedang perlihatkan barang sitaannya, Senin (25/01) – Jubi/Abeth You

Enarotali, Jubi – Tim Pemberantasan Aibon, Miras dan Narkoba (PAMN) Paniai terus berupaya meminimalisir peredaran minuman keras (miras) di daerah tersebut.

Dalam sosialisasi selama sepekan terakhir tim ini bahkan menyita sejumlah miras yang diduga milik oknum PNS dan dua oknum DPRD setempat berinisial EN dan PU jenis Whisky Robinson (wiro) sebanyak enam botol dan vodka empat botol.

“Sedangkan jenis Jenever sebanyak tiga botol ini kami ambil milik oknum PNS di lingkungan Pemkab Paniai,” kata Ketua PAMN Paniai, Yosep Kayame di Enarotali, Senin (25/1/2016).

Pihaknya juga menyita sejumlah miras milik oknum Brimob di pos Brimob Agamakotu, Enarotali. Ia menduga oknum brimob menjual secara diam-diam selama ini di Paniai. “Kami juga sudah ambil jenis alkohol 70% milik warga juga,” katanya.

Pihaknya juga mengamankan empat orang yang ditemukan sedang mengonsumsi miras. Karena itu, mereka diminta membayar denda sesuai kesepakatan beberapa waktu lalu. “Kalau tidak bayar (denda), kami tetap masukkan dalam tahanan Polres Paniai,” katanya.

“Jadi yang tadi malam ketahuan miras itu di antaranya Yafet Boma (PNS). Tapi dia sudah bayar denda uang tunai sebesar Rp 25 juta dan babi satu ekor. Sedangkan tiga yang lainnya, Merry Yogi, Benuad Yogi dan Jefry Muyapa belum bayar denda. Kalau tidak bayar maka kami siap antarkan ke Polres,” katanya.

Mama Yogi, ibunda Yafet Boma mengaku, pembentukan tim PAMN awalnya dimintanya karena anak-anaknya meninggal sia-sia akibat mengonsumsi miras, sehingga apapun risiko siap ditanggung.

“Saya sudah bayar denda karena anak Yabo (panggilan akrab Yafet Boma) melanggar kesepakatan itu,” kata Mama Yogi.

Sebelumnya, tokoh pemuda Paniai, Martinus Pigai mengatakan, seluruh lapisan masyarakat Paniai mengapresiasi langkah pemberantasan miras oleh PAMN Paniai.

“Tim ini sudah berjalan dengan baik. Namun, kini butuh dukungan dan kerja sama semua pihak di Paniai untuk mendorong pembentukan badan hukum sebagai jaminan hukum bagi tim ini,” kata Martinus. (Abeth You)

 

 

Editor : TIMOTEUS MARTEN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Miras Milik Oknum DPRD dan PNS Diamankan