Pemkab Merauke Didesak Sikapi Wabah Campak di Kimaam

share on:
penyakit
Ketua Komisi A DPRD Merauke, Moses Kaibu. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke didesak menyikapi dan menindaklanjuti kasus wabah campak di lima kampung di Distrik Kimaam hingga merenggut nyawa tujuh orang anak pada awal Januari 2016 lalu.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Moses Kaibu kepada Jubi Selasa (26/1/2016) mengatakan berdasarkan laporan yang diterima, terdapat kurang lebih 50-an anak terserang penyakit campak. Dari jumlah tersebut, tujuh diantaranya meninggal dunia. Sedangkan lain sedang menjalani perawatan oleh tenaga medis.

“Saya meminta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke agar segera berangkat ke Kimaam dan melakukan pendataan secara jelas kembali. Sekaligus dapat mengetahui pasti berapa yang meninggal dan masih dalam proses perawatan. Sehingga dapat diketahui semua orang,” pintanya.

Dikatakan, beberapa waktu lalu, dewan telah mengundang Dinkes dan membicarakan tentang persiapan menghadapi musim hujan. Sementara untuk penyakit tersebut, tak pernah terbayangkan akan menyerang anak-anak.

“Ini adalah penyakit yang muncul mendadak dan kita tidak pernah mengetahui. Memang kalau dilihat, penyebabnya juga tidak lain karena musim kemarau berkepanjangan,” tuturnya.

DPRD akan menyampaikan kepada pimpinan dewan terkait kasus yang merenggut nyawa tujuh orang anak tersebut, sehingga dapat dibentuk tim kecil agar bisa turun ke Kimaam melihat kondisi sesungguhnya.

Sebelumnya, mantri yang bertugas di Distrik Kimaam, Herman Kaimbe mengaku, akibat terserang penyakit campak, tujuh anak meninggal dunia. Petugas medis, katanya, sudah berusaha semaksimal mungkin menangani anak-anak yang terserang penyakit itu dengan memberikan obat-obatan.

Penyakit campak merupakan penyakit yang sangat menular dan memiliki gejala seperti demam, batuk, hingga ruam pada kulit. Kulit penderita akan berubah menjadi merah dan mengalami gatal-gatal dari muka sampai kaki. (Frans L Kobun)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Merauke Didesak Sikapi Wabah Campak di Kimaam