Pemprov Bakal Gelar Pertemuan dengan Pimpinan SKPD

share on:
Anggiat-Inspektorat
Inspektur Provinsi Papua, Anggiat Situmorang – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua dalam waktu dekat bakal menggelar pertemuan dengan seluruh pimpinan satuan perangkat kerja daerah (SKPD) guna membahas perubahan mekanisme penyusunan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP).

Inspektur Provinsi Papua, Anggiat Situmorang, di Jayapura, Rabu (27/1/2016) mengatakan adanya perubahan metodologi penyusunan LAKIP perlu diketahui oleh pimpinan SKPD di seluruh lingkungan Pemerintah Provinsi Papua.

“Saya sudah melakukan diskusi dengan Sekda untuk mengundang semua SKPD agar lebih memahami penyusunanya. Menginggat ada metode baru untuk menyusun LAKIP,” katanya.

Disinggung mengenai rendahnya nilai akuntabilitas kinerja Pemprov Papua 2015 yang mendapat nilai 46.03 dengan predikat C, Anggiat mengatakan, tidak hanya Papua saja yang mendapat nilai rendah. Namun hampir semua provinsi di Indonesia mendapat nilai rendah, karena adanya perubahan mekanisme dalam melakukan evaluasi LAKIP.

“Hampir semua alami penurunan, ini karena metodologinya dan indikatornya berbeda,” ucapnya.

Setiap instansi pemerintah harus melakukan tujuh langkah pengembangan manajemen kinerja, yaitu fokus pada target-target yang telah ditetapkan seperti pemilihan strategi yang tepat, penguraian target-target operasional namun harus tetap selaras dengan targe operasional harus terukur agar dapat dipantau hasil pencapaiannya.

Selain itu, penentuan kegiatan-kegiatan yang tepat untuk mewujudkan target-target tersebut, pemantauan terhadap pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi secara berkala. “Proses evaluasi kinerja dilakukan dengan melihat seluruh aspek yang terkait dengan penerapan manajemen kinerja di instansi pemerintah,” kata Anggiat.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan pemerintahan yang bersih dan tata kelola yang baik merupakan kunci pemulihan kepercayaan rakyat terhadap pemerintahan yang ada di Papua saat ini.

“Tranparansi dan akuntabilitas merupakan elemen pokok pemerintahan yang bersih dan tata kelola yang baik. Sebab hal tersebut merupakan kata kunci bagi pemulihan kepercayaan rakyat terhadap pemerintah,” kata Enembe. (Alexander Loen)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Bakal Gelar Pertemuan dengan Pimpinan SKPD