Pemprov Papua Kembali Dorong RUU Otsus Melalui Nasdem

share on:
Sekertaris Daerah Papua Hery Dosinaen – Jubi/ Alex Loen

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua kembali mendorong Rancangan Undang Undang (RUU) Otsus Plus agar bisa masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas) 2016, melalui Fraksi Partai Nasdem.

Sekertaris Daerah Papua Hery Dosinaen, di Jayapura, Jumat (29/1/2016) mengatakan komunikasi dengan para wakil rakyat sudah dibangun. Harapannya RUU ini bisa segera diakomodir dalam prolegnas untuk selanjutnya disahkan di DPR RI.

“Saya beberapa waktu lalu juga sudah memaparkan tentang RUU ini dan telah membangun komunikasi dengan tim asistensi pusat serta anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem,” katanya.

Meskipun terus didorong, Dosinaen mengaku, perjuangan yang mesti dilalui pemerintah provinsi bakal tak mudah, sebab selama ini semua pihak lebih banyak melihat Papua dari aspek politik.

“Tapi saya ingin katakan, sebetulnya RUU Otsus Plus ini merupakan jawaban dari semua. Karena RUU ini bakal mengakomodir masalah kewenangan, fiskal, pembangunan, Hukum dan HAM serta masalah kelembagaan. Kemudian yang tak kalah penting tentunya, tidak mengabaikan kewenangan pusat yang ada sekitar lima kewenangan. Sebab kewenagan pusat itu kita hargai dan junjung tinggi untuk dilaksanakan,” ucapnya.

Dosinaen mengajak seluruh komponen masyarakat di Papua agar dapat mendukung dan sehingga RUU ini bisa disahkan menjadi lembaran undang undang. “Saya rasa kita semua perlu bersatu mendorong RUU ini. Mari kita kesampingkan kepentingan lain, dan tidak melihat Papua dari aspek politik, tapi kita menilai dari semua aspek pembangunan,” kata Dosinaen.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe, Kamis (19/1/2016) mengatakan pemerintah provinsi akan kembali mendorong Rancangan Undang-Undang Otonomi Khusus (RUU Otsus) Plus untuk disahkan pemerintah Pusat.

“Sekarang kami dorong untuk dibawa ke DPD dan DPR RI lebih dulu. Disamping itu dokumen juga akan diserahkan kepada departemen-departemen yang berkaitan dengan UU Otsus,” kata Enembe. (Alexander Loen)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Papua Kembali Dorong RUU Otsus Melalui Nasdem