Usaha Kecil, Butuh Bantuan Modal

share on:
Pasar mini di dermaga Yahim, Sentani - Jubi/Engel Wally
Pasar mini di dermaga Yahim, Sentani – Jubi/Engel Wally

Sentani, Jubi – Ada puluhan usaha kecil yang dilakukan oleh masyarakat, dimana kegiatan usaha ini banyak didominasi oleh perempuan atau ibu rumah tangga. Mulai dari penjualan pinang ojek sampai dengan makanan khas daerah seperti papeda bungkus dan ikan goreng, keladi rebus dan ikan goreng.

Usaha ini sebenarnya bisa lebih maju, hanya saja modal yang dimiliki tidak cukup untuk membuatnya lebih besar. Hasil penjualan sampai kepada kebutuhan rumah tangga saja.

Ibu Amelia Felle di dermaga Yahim yang menjual pinang tumpuk serta makanan khas Sentani berupa papeda bungkus dan ikan gabus goreng mengatakan semua yang menjadi usaha hari ini dijual habis untuk kepentingan dan kebutuhan rumah tangga.

“Bagaimana usaha ini mau menjadi besar, sementara bahan yang dijual sudah paten hanya ini saja, lagian tidak terlalu banyak yang mengeluarkan biaya untuk membeli bahannya kecuali minyak goreng dan bumbu. Sementara bahan baku yang lain sudah tersedia, tinggal ambil dan masak,” kata Amelia, di Dermaga Yahim, Kamis (28/1/2016).

Kata Amelia, dirinya pernah pinjam uang dari kredit simpan pinjam sebesar satu juta rupiah. Hal ini dilakukan untuk menambah penghasilan dari sisi penjualan, tetapi upaya ini tetap sama saja.

“Aktifitas jual beli disini sudah setiap hari begini, sudah ada target–target dari penjualan ini dalam rumah tangga. Dari setiap hari pendapatan kotor mencapai Rp 1 juta, misalnya di potong kepada kebutuhan yang lain, sisa bersihnya mencapai Rp 900 ribu. Padahal keinginan hati ingin juga punya usaha yang lebih besar,”katanya.

Sementara itu ditempat yang sama, Ibu Kristin, yang menjual roti bakar buatannya ini mengaku cukup menikmati menjual hasil karya tangannya sendiri.

“Dengan modal Rp 1 juta, untuk bahan baku tepung dan lain-lain untuk menjadikan sebuah roti yang harganya Rp 10 ribu. Setiap pagi saya bawa 20 balok roti, lebih. Nanti sore saya bawa lagi 20 balok. Lumayan, untuk mengurangi beban kebutuhan keluarga,” katanya.  (Engel Wally)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Usaha Kecil, Butuh Bantuan Modal