BPKLN : Tak Ada Masalah Batas Wilayah Antara Papua-PNG

share on:
Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua, Suzana Wanggai - Jubi/Alex
Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua, Suzana Wanggai – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Provinsi Papua mengklaim selama ini tidak ada masalah mengenai batas wilayah antara Papua dan Papua Nugini (PNG).

“Papua dan PNG tidak sama dengan masalah batas negara Indonesia – Malaysia serta Filipina,” kata Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua, Suzana Wanggai, di Jayapura, Minggu (31/1/2016).

Justru yang sering terjadi adalah masalah kependudukan. Hal ini dikarenakan garis batas yang panjang dari utara sampai selatan tidak ada satu fisik yang membatasi, baik alam maupun bangunan lainnya.

“Kalau soal kependudukan masih menjadi masalah utama, karena tanah milik Papua ada juga di PNG, begitu juga sebaliknya,” ucapnya.

Untuk itu, ujar Wanggai, pemerintah dua negara harus terus memberikan pemahaman kepada masyarakat agar bisa memahami aturan lintas batas, tentu melalui sosialisasi serta langkah-langkah lainnya. Pasalnya di pemukiman Indonesia ada terdapat warga PNG, begitu juga di pemukiman masyarakat PNG ada terdapat warga Papua. Ini terjadi karena masih ada hubungan kekerabatan.

“Sosialisasi dan upaya lainnya sudah berjalan antara pemerintah Papua-Indonesia dengan PNG. Dimana jika ada laporan dari bawah, pasti kami bersama pemerintah PNG jalan, begitu juga sebaliknya,” ucapnya lagi.

Dia menambahkan, agar bisa berjalan maksimal, perlu juga ditingkatkan kordinasi antara pemerintah provinsi, kabupaten/kota, meskipun hal ini sudah berjalan. “Ya, kalau ada penilaian kurang itu kurang ini, itu biasa. Yang jelas kerjasama sudah dilakukan,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe, Minggu (21/9/2015) mengatakan penanganan dan pemecahan permasalahan dalam pengelolaan kawasan perbatasan diperlukan strategi dan koordinasi antar instansi teknis baik pusat maupun daerah.

“Semua instansi teknis mempuyai tugas dan peran yang sangat penting dalam rangka meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi dalam menangani berbagai tantangan dan permasalahaan yang dihadapi dikawasan perbatasan,” kata Enembe. (Alexander Loen)

Tags:
Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BPKLN : Tak Ada Masalah Batas Wilayah Antara Papua-PNG