SBY Wariskan Tiga Isu Papua pada Jokowi

share on:
Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Tantowi Yahya - Jubi/Arjuna
Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Tantowi Yahya – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – DPR RI mengatakan Presiden Indonesia sebelumnya, Soesilo Bambang Yoedhoyono mewariskan tiga isu tentang Papua kepada Presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo (Jokowi). Ini diungkapkan Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Tantowi Yahya dalam seminar nasional dengan thema “Tindak Lanjut Kebijakan Presiden Jokowi Untuk Papua Tanah Damai” yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia pada tanggal 27 Januari lalu.

“Pertama adalah rekonstruksi UU No. 21 Tentang Otonomi Khusus (Otsus) menjadi UU Otsus Plus. Kedua, penyelesaian konflik di Papua dan yang ketiga adalah pembangunan di berbagai bidang untuk membuat Papua dan Papua Barat menjadi provinsi harapan,” kata Tantowi dalam diskusi ini.

Ia menambahkan, harus diakui belum ada Presiden Indonesia yang memberikan perhatian sangat besar pada Papua selain Jokowi. Kunjungan Jokowi ke Papua selama ini menunjukkan ia bersungguh-sungguh menjalankan tiga “warisan” tersebut.

“Kecuali poin pertama, yaitu rekonstruksi UU No. 21 Tentang Otonomi Khusus (Otsus), dua poin lainnya sudah dilaksanakan dengan baik oleh Presiden Jokowi. Presiden membangun infrastruktur di Papua yang selama ini hanya angan-angan saja. Meski demikian, memang muncul berbegai pertanyaan sederhana mengenai siapa yang menerima manfaat dari pembangunan infrastruktur ini yang kami tampung di DPR,'” ujar Tantowi.

Namun ia berpendapat, pembangunan di bidang ekonomi harus berjalan bersama dengan pembangunan di bidang lainnya, termasuk pembangunan di bidang Pertahanan dan Keamanan dan kebudayaan.

“Menanggalkan salah satunya, tidak akan menghasilkan konsep (penyelesaian masalah Papua-red) yang kita inginkan,” tambah Tantowi.

Editor : Dominggus Mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  SBY Wariskan Tiga Isu Papua pada Jokowi