PDAM Jayapura Akui Sudah Survei Danau Sentani

share on:
Danau Sentani dilihat dari udara - Jubi/Ist
Danau Sentani dilihat dari udara – Jubi/Ist

Jayapura, Jubi/Antara – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura mengakui pihaknya melalui Balai Wilayah Sungai telah melakukan survei di Danau Sentani.

Direktur Umum (Dirut) PDAM Jayapura Abdul Petonengan, di Jayapura, Senin (1/2/2016) mengatakan survei ini bertujuan untuk menjadikan Danau Sentani sebagai salah satu sumber air bagi masyarakat Kota dan Kabupaten Jayapura.

“Kita sudah tidak bisa berharap banyak dari Cycloop karena penurunan debit airnya sangat drastis, terutama di beberapa titik seperti Entrop dan Kamp Wolker,” katanya.

Menurut Abdul, dengan penurunan yang sangat tajam pada sumber air Cycloop, akhirnya pihaknya melakukan survei pada tahun ini dan menemukan bahwa Danau Sentani mampu memberikan sumber air dengan kapasitas 1.100 liter per detik.

“Namun, jika nanti Danau Sentani sudah menjadi sumber air, dan pendistribusiannya masih menggunakan pipa lama, maka tetap tidak dapat menjawab kebutuhan air masyarakat,” ujarnya.

Dia menuturkan nantinya jika Danau Sentani ini berhasil menjadi sumber air, maka wilayah-wilayah yang sebelumnya belum dialiri pipa PDAM dapat dilayani.

“Ke depan Nafri dan Muara Tami dapat juga dialiri pipa PDAM sehingga kebutuhan air bersih dapat diberikan secara maksimal,” katanya lagi.

Dia menambahkan apalagi dengan jadinya jembatan penghubung Holtekamp, maka nantinya pipa PDAM akan melalui lokasi tersebut.

Sekedar diketahui, dari studi kelayakan awal yang dilakukan Balai Wilayah Sungai Papua, Danau Sentani akan dijadikan sumber air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga masyarakat baik di Kota maupun kabupaten Jayapura.

Hal ini dikarenakan debit air PDAM yang ada di Kota Jayapura sudah mulai berkurang, di mana Danau Sentani dengan luas 9.760 hektar dan sangat dalam, sehingga potensi air demikian besar.

Berdasarkan rencana awal, pengambilan air danau Sentani dari daerah Jaifuri dan akan didorong sampai di Vihara, nanti dari Vihara didistribusikan secara gravitasi ke pemakai. (*)

 

Editor : TIMOTEUS MARTEN
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PDAM Jayapura Akui Sudah Survei Danau Sentani