Tak Ada Dominasi Partai di Parlemen Baru Vanuatu

share on:
Ham Lini di MSG - Jubi
Ham Lini di MSG – Jubi

Jayapura, Jubi – Hasil akhir dari pemilihan sela Vanuatu telah dirilis oleh Komisi Pemilihan Vanuatu, membenarkan perubahan peta di parlemen negara ini nantinya.

Di parlemen yang memperebutkan 52 kursi, ada 17 partai politik – meskipun delapan dari partai-partai ini hanya memenangkan satu kursi, termasuk People’s Progress Party yang mengusung perdana menteri sementara Sato Kilman.

Tiga partai memenangkan enam kursi, masing-masing Union for Moderates Party, the Vanua’aku Pati, and the Graon mo Jastis Pati.

National United Party and Iauko Group, masing-masing meraih empat kursi di parlemen baru.

Dua partai lainnya, Nagriamel Movement and the Reunification of Movements for Change, masing-masing memiliki tiga anggota parlemen.

Vanuatu National Development Party and the Green Confederation memenangkan dua kursi masing-masing.

Sedangkan delapan dari anggota parlemen terpilih adalah calon independen.

Sejumlah veteran anggota parlemen Vanuatu tidak lagi berada di parlemen.

Namun, mantan perdana menteri dan pemimpin National United Party, Ham Lini, akhirnya menang tipis dari empat kursi Pentakosta setelah hasil awal menunjukkan ia telah gagal untuk memenangkan pemilihan ulang.

Negosiasi untuk membentuk pemerintah koalisi diharapkan mulai intensif minggu ini menjelang sidang pertama parlemen Senin berikutnya ketika anggota parlemen akan memilih perdana menteri baru. (Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tak Ada Dominasi Partai di Parlemen Baru Vanuatu