Kemenkeu Gandeng Apkasi Sosialisasikan Beasiswa LPDP

share on:
Menkeu, Bambang Brodjonegoro-nortonews.com
Menkeu, Bambang Brodjonegoro-nortonews.com

Jakarta, Jubi – Kementerian keuangan (Kemenkeu) melalui Lembaga Pengelola dana Pendidikan (LPDP) menjalin kerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) untuk menyosialisasikan beasiswa LPDP.

Kerjasama ini diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pada Senin (1/2/2016) malam di Jakarta. Dalam kegiatan tersebut LPDP diwakili Direktur Utama, Eko Prasetyo, sementara Apkasi oleh Sekjen, Nurdin Abdullah.

“Melalui MoU tersebut kami ingin menyosialisasikan tentang beasiswa LPDP agar lebih dikenal di seluruh wilayah Indonesia,” kata Eko Prasetyo usai acara tersebut.

Eko menambahkan setelah penandatanganan Apkasi akan mengumpulkan anggotanya untuk mendapatkan pengarahan tentang beasiswa dari LPDP.

Selanjutnya, masing-masing pemerintah kabupaten akan membagikan pengetahuan tersebut ke warga di daerah masing-masing.

“Tentu akan sangat baik jika penerima beasiswa LPDP tidak selalu didominasi penduduk Pulau Jawa. Kami harapkan distribusi penerima bisa merata di seluruh wilayah Tanah Air,” kata Eko.

Tahun 2016, demi mendukung program desentralisasi pemerintah, beasiswa LPDP bertema pembangunan daerah dan desa. Para alumni peraih beasiswa LPDP yang menyelesaikan studinya pada 2016 diharapkan bisa berkontribusi untuk daerah-daerah di Indonesia.

LPDP akan terus mempertahankan program beasiswa afirmasi untuk wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal (3 T).

Tahun 2015, 1.647 orang penerima beasiswa afirmasi yang berasal dari provinsi NTB, NTT, Papua, Aceh, dan Papua Barat.

Hal ini pun disambut baik oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

“Indonesia kini adalah negara yang pembangunannya dimulai dari daerah, bukan pusat. Jadi mulailah berkarya dari daerah untuk mengembangkan diri dan masyarakat,” kata Bambang.

Seperti dilansir dari Tempo.co, pemerintah melalui menyiapkan dana beasiswa Rp 20,6 triliun pada tahun. Dana ini meningkat Rp 5 triliun dari tahun sebelumnya dengan target memberikan beasiswa kepada 5.000 orang. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kemenkeu Gandeng Apkasi Sosialisasikan Beasiswa LPDP