Terpidana Labora Sitorus Masih Berkeliaran di Luar Lapas

share on:
Ruang sel tahanan terpidana Aiptu Labora Sitorus. Tampak kasur yang dilipat beserta bantal dan tempat tidur yang sudah lusuh – Jubi/Niko
Ruang sel tahanan terpidana Aiptu Labora Sitorus. Tampak kasur yang dilipat beserta bantal dan tempat tidur yang sudah lusuh – Jubi/Niko

Sorong, Jubi – Terpidana kasus pencucian uang dan pembalakan liar Aiptu Labora Sitorus hingga kini belum kembali ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Sorong.

Ruang sel tahanan yang disediakan untuk mantan anggota Polres Raja Ampat, Papua Barat itu masih kosong. Tampak hanya kasur besar yang masih dalam keadaan terikat dengan bantal. Di ruang sel khusus anak itu Labora Sitorus dan sepuluh warga binaan lainnya menjalani hari-hari hidupnya.

Seminggu sejak dieksekusi pada Februari 2015, ia menghilang. Namun diketahui dirinya keluar lapas dengan alasan sakit. Tempat tidurnya pun sudah lusuh. Oleh karena itu, petugas lapas terpaksa melipat kasur yang disediakan untuknya.

Kepala Lapas Klas IIB Sorong, Maliki Hanafi ketika dikonfirmasi Jubi Selasa (2/2/2016) mengatakan, Labora Sitorus masih berada di suatu tempat rahasia di luar lapas dan belum kembali.

“Dia di tempatnya yang rahasia. Belum kembali,” kata Maliki.

Ketika disinggung soal rencana pemindahan terpidana kasus pembalakan hutan dan penimbunan BBM ini ke lapas di luar Papua, Maliki menjelaskan pihaknya masih menunggu petunjuk resmi dari Kementrian Hukum dan HAM. Jika sudah ada petunjuk yang pasti dari pimpinan, maka dipastikan Labora Sitorus akan segera dipindahkan dari Lapas Klas IIB Sorong.

“Lagi tunggu petunjuk kemenkumham. Kalau sudah, ya dipindahkan,” katanya.

Kuasa Hukum Terpidana Labora Sitorus, Usman Hadi menegaskan bahwa kliennya tidak menghindar atau kabur tetapi masih berada di Sorong dan akan kembali ke lapas.

“Dia masih ada. Tunggu aja, pasti balik,” katanya. (Niko MB)

 

Editor : TIMOTEUS MARTEN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Terpidana Labora Sitorus Masih Berkeliaran di Luar Lapas