Merlan Uloli Kembali Pimpin DPD KKIG Provinsi Papua

share on:
Musyawarah Daerah (Musda) ke II Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo Provinsi Papua yang digelar di salah satu hotel di Jayapura,  Sabtu, 6 Februari 2016 – Jubi/Sindung
Musyawarah Daerah (Musda) ke II Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo Provinsi Papua yang digelar di salah satu hotel di Jayapura, Sabtu, 6 Februari 2016 – Jubi/Sindung

Jayapura, Jubi – Merlan Uloli terpilih kembali memimpin Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Provinsi Papua masa bhakti 2016 – 2020 melalui kesepakatan dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke II yang digelar di salah satu hotel di Jayapura,  Sabtu (6/2).

Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan  Asisten Bidang Potensi dan Pembangunan daerah, Kansiana Saleh, mengatakan KKIG sebagai salah satu organisasi masyarakat yang berbasis paguyuban atau kesukuan yang diharapkan kontribusinya dalam pembangunan budaya dan karakter bangsa memiliki fungsi yang sangat strategis.

“Dibutuhkan kemampuan pemimpin dengan kematangan emosi pada setiap pengurus karena dengan pembinaan yang baik dan benar melalui wajah kultur diharapkan akan menciptakan keamanan dan kenyamanan di tengah masyarakat,” jelasnya.

KKIG, kata Kansiana Saleh sebagai organisasi kemasyarakatan yang berbasis kultural  kehadirannya dalam konstelasi organisasi sosial di Papua dapat dimaknai sebagai kontribusi dan konsistensi warga Gorontalo di tanah rantau baik secara kelompok maupun pribadi-pribadi dan di manapun berada.

“Sebagai anak-anak bangsa keturunan Gorontalo di rantau diharapkan mampu berperan membangun perangkat persatuan dan kesatuan yang kokoh di atas landasan kemajemukan bangsa Indonesia yang kuat dan besarnya eksistensi KKIG sebagai organisasi sosial kemasyarakatan di Indonesia dan khususnya di Provinsi Papua yang memiliki hirarki,” katanya.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tommi Mano meminta seluruh pengurus KKIG Provinsi Papua yang baru dilantik untuk bekerja dengan hati yang tulus untuk bisa menjadi pemersatu bagi warga Gorontalo yang ada di kabupaten/kota di tanah Papua. “Rangkul mereka dalam suatu kebersamaan dimana yang jauh didekatkan dan yang dekat dieratkan,” katanya

BTM, sapaan wali kota, juga mengharapkan agar pengurus yang baru saja dilantik dengan jumlah yang besar agar tidak hanya berlaku seperti bunga atau hiasan yang selalu di rawat tanpa pernah berbuat apa-apa atau hanya tinggal diam di tempat.

BTM kembali mengingatkan KKIG agar mengedepankan metode 3K yaitu koordinasi, komunikasi dan komitmen. Ketiga komponen tersebut sangatlah penting dalam membangun dan mengayomi satu organisasi ke depan khususnya organisasi paguyuban KKIG.

Ketua DPP KKlG H. Sjafruddin Mossi mengakui Wali Kota Jayapura telah banyak memberikan kontribusi kepada KKIG sehingga dirinya berharap kepada masyarakat Gorontalo yang berada di kota Jayapura untuk mendukung pria asli Port Numbay tersebut pada periode kedua nanti.

“Provinsi Papua juga sangat istimewa karena bersama Pemerintah kota Jayapura selalu memberikan dukungan kepada KKIG,”tuturnya.

Merlan Uloli pada kesempatan yang sama pula menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga Gorontalo karena selama ini telah membantu mensukseskan program Pemprov Papua maupun kabupaten/kota di masing-masing daerah.

“Setelah pelantikan ini hingga tahun 2020, akan dimulai dengan kegiatan yang baru dan kiranya kegiatan ini mempunyai manfaat untuk orang Gorontalo yang ada di rantau khususnya di Provinsi Papua,” harapnya. (Sindung Sukoco)

Editor : TIMOTEUS MARTEN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Merlan Uloli Kembali Pimpin DPD KKIG Provinsi Papua