Di Kota Jayapura, Dana Terbatas Pembangunan Tertunda

share on:
Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano – Jubi/Roy Ratumakin.
Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano – Jubi/Roy Ratumakin.

Jayapura, Jubi – Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano mengatakan, banyak program pembangunan yang disusun pihaknya tetapi tidak semua dijalankan karena terbentur dana yang terbatas.

Namun demikian Wali Kota Jayapura yang akan mengakhiri masa jabatan bersama wakilnya 21 Juli 2016 itu berterima kasih kepada masyarakat yang kritis terhadap kebijakannya.

“Sebagai manusia kami akan perbaiki kekurangan yang ada. Pembangunan itu berkelanjutan,” katanya di Kota Jayapura, Jumat (12/2/2016).

Menurut dia dalam keterbatasan dana tersebut dana otonomi khusus dialokasikan untuk kesehatan pendidikan, infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Namun ia tidak menyebutkan jumlah dana tersebut. “Kami tidak bisa melebihi persen-persen tersebut dan dana tersebut sangat kecil,” ujarnya.

Mano mencontohkan, PT Freeport yang berdiri puluhan tahun saja belum bisa menyejahterakan masyarakat Papua. “Karena keterbatasan dana tersebut maka kami melakukan sesuai dengan pos tersebut dan tidak bisa melewati apa yang sudah ditentukan dalam anggaran tersebut,” katanya.

Maka dari itu dirinya mengusulkan agar sistem penetapan dana otsus bagi kabupaten/kota diubah, bukan persentase pembagian antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota yang diganti. “Harus ada pertimbangan-pertimbangan khusus, jangan dilihat hanya luas wilayah, jumlah penduduk, tapi hal lain harus jadi pertimbangan dalam pembagian dana Otsus,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua Komisi V DPR Papua Nason Utty meminta kepada Gubernur Papua Lukas Enembe untuk mengubah format pembagian dana otsus ke daerah. “Seharusnya kebijakan gubernur merupakan kebaikan hati seorang Lukas Enembe, tetapi para bupati dan wali kota menyalah gunakan hal ini. Uang itu tidak sampai ke masyarakat, lebih baik ambil kembali uang ini untuk mengatasi masalah yang ada,” ujarnya. (Roy Ratumakin)

 

Editor : TIMOTEUS MARTEN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Di Kota Jayapura, Dana Terbatas Pembangunan Tertunda