DPRD Tak Tahu Peraturan Plastik Berbayar

share on:
Ilustrasi
Ilustrasi

Jayapura, Jubi – Wakil Ketua II DPRD Kota Jayapura, Timbul Sipahutar mengaku belum mengetahui peraturan plastik berbayar yang akan diterapkan di Kota Jayapura.

Meski demikian pihaknya sebagai wakil rakyat tetap mendukung upaya Pemerintah Kota Jayapura ihwal plastik berbayar untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih.

“Namun kita juga lihat perlukah ini dijadikan peraturan daerah atau cukup menjadi peraturan pemerintah atau hanya cukup peraturan walikota Jayapura saja,” katanya kepada Jubi, Kamis (11/2/2016).

“Seperti di daerah lain bagus kenapa kita tak adopsi, tetapi ini harus ada tahapannya jika mau didorong dalam peraturan daerah,” lanjutnya.

Sebelumnya Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Jayapura, Ketty Keilola mengatakan pemerintah pusat ingin juga melihat aksi daerah secara langsung. Namun harus didukung peraturan daerah untuk menaunginya.

“Peraturan daerah ini juga akan mengukur grafiknya berapa nilai layak harga per kantongnya, bahkan keinginan kita perlu adanya seperti upaya menyiapkan botol atau tempat minum seperti di Singapura. Dan kami ingin ada polling untuk masyarakat pengurangan penggunaan plastik di masyarakat, serta kami sarankan agar semua ini yang mengatur pemerintah,” kata Ketty.

“Yang jelas kita ini ingin melakukan pengurangan penggunaan plastik, dan yang kita bicarakan adalah berapa harga plastik tersebut,” lanjutnya. (Sindung Sukoco)

 

Editor : TIMOTEUS MARTEN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPRD Tak Tahu Peraturan Plastik Berbayar