Ratusan Obat dan Makanan Kedaluwarsa Dimusnahkan

share on:
Salah satu staf Balai POM saat menuangkan obat dan makanan yang akan dimusnahkan di Kantor Balai Besar POM, Jayapura – Jubi/Roy Ratumakin.
Salah satu staf Balai POM saat menuangkan obat dan makanan yang akan dimusnahkan di Kantor Balai Besar POM, Jayapura – Jubi/Roy Ratumakin

Jayapura, Jubi – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BB POM) Jayapura memusnahkan obat dan makanan sebanyak 55 item yang terdiri dari 2.453 kemasan dengan total nilai ekonomis sebesar Rp 7,48 juta.

“Ini semua hasil dari Operasi Gabungan Nasional (Opgabnas) pada November 2015 lalu di beberapa toko dan swalayan yang ada di Kota Jayapura,” kata Plh. Kepala BB POM Jayapura, Tikurara Bumbungan kepada wartawan di Kantor BB POM, Kotaraja, Jumat (12/2/2016).

Opgabnas merupakan kegiatan yang dilakukan secara serentak di seluruh Balai POM. Produk yang dimusnahkan itu merupakan produk yang tidak ditindaklanjuti ke proses hukum setelah dilakukan gelar kasus dan sebagian lagi diamankan sebagai barang bukti bagi yang ditindaklanjuti secara pro justisia.

“Produk yang dimusnahkan ini memang nilai ekonomisnya sangat sedikit. Namun kalau dilihat dari dampak kesehatan akan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia jika mengonsumsi produk kedaluwarsa,” ujarnya.

Kepala Seksi Penyidikan BB POM, Chiristian Victor Burdam mengatakan, pengawasan terhadap peredaran obat dan makanan di Papua, khususnya Kota Jayapura akan terus dilakukan demi melindungi masyarakat dan mencegah beredarnya produk obat dan makanan yang tidak memenuhi syarat, mutu dan keamanan serta kesehatan.

“Kami menghimbau kepada para pelaku usaha agar tidak mengedarkan produk yang kedaluwarsa. Dan masyarakat juga diminta untuk tetap memperhatikan Kemasan, Izin Edar dan Kadaluarsa (KIK). Artinya konsumen harus harus memperhatikan kemasan suatu produk apakah tidak rusak, berkarat, penyot atau kembung, perhatikan apakah sudah memiliki izin edar dan harus memperhatikan tanggal kedaluwarsanya,” katanya. (Roy Ratumakin)

 

Editor : TIMOTEUS MARTEN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Ratusan Obat dan Makanan Kedaluwarsa Dimusnahkan