Keputusan Mendagri Final, Pelantikan Kepala Daerah Tak Undur

share on:
Suasana persidangan sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitunsi (MK) di Jakarta beberapa waktu lalu – Jubi/IST.
Suasana persidangan sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitunsi (MK) di Jakarta beberapa waktu lalu – Jubi/IST.

Jayapura, Jubi – Proses sengketa Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) serentak di Papua yang melibatkan 11 kabupaten belum terselesaikan hingga kini. Namun ada beberapa daerah yang kepala daerahnya sudah ditetapkan oleh DPRD sebagai pemenang dan akan dilantik pada 17 Februari 2016 mendatang.

 

Tim sukses bupati dan wakil bupati terpilih Celcius Watae dan Muhamad Markum, Markus Gonai kepada Jubi, Sabtu (13/2/2016) menjelaskan pihaknya sudah bertemu dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mempertanyakan pengunduran jadwal pelantikan namun jawaban Mendagri, waktu penetapan tersebut sudah tidak bisa diubah.

“Kami sudah bertemu dengan Mendagri dan juga Dirjen Otda. Dimana pertemuan tersebut dihasilkan kesepakatan bahwa pelatihan bupati dan wakil bupati terpilih pada proses Pilkada lalu tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Mendagri yaitu 17 Februari 2016,” katanya melalui sambungan telepon selularnya.

Gonai menambahkan, selain pihaknya yang bertemu dengan Mendagri dan Dirjen Otda juga dihadiri oleh 10 Bupati dan empat bupati terpilih dari berbagai daerah yang melaksanakan Pilkada serentak.

“Mendagri juga mengatakan bahwa apabila gubernur di suatu daerah tidak mau melantik bupati terpilih dalam daerah pemilihannya, Mendagri sendirilah yang akan melantik para bupati tersebut yang akan dilaksanakan di Jakarta,” ujarnya.

Menurut Gonai, setelah pertemuan tersebut pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Gubernur Papua Lukas Enembe dan menurut Gubernur Papua pelantikan akan tetap dilaksanakan pada 17 Februari 2016 mendatang di kantor Gubernur Papua.

“Intinya pelatikan tidak akan diundur dan tetap akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah dikeluarkan oleh Mendagri,” katanya.

Sekedar diketahui, Mendagri telah menyusun jadwal pelantikan untuk kepala daerah hasil Pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu yang dibagi dalam tiga tahap.

Untuk pelantikan bupati dan wali kota akan dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2016 mendatang dimana ada sekitar 202 bupati dan wali kota yang akan dilantik gubernur masing-masing daerah sesuai undang-undang.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Herry Dosinaen kepada wartawan di Jayapura, Kamis (11/2/2016) mengatakan Gubernur Papua telah mengirimkan surat kepada Mendagri yang intinya meminta agar pelantikan bupati dan wali kota dilaksanakan secara serentak.

“Di sini kan masih ada beberapa daerah yang masih sengketa di MK, untuk itu Gubernur Papua menginginkan semua persoalan di MK beres baru dilaksanakan pelantikan. Karena ini pemilihan serentak, pelaksanaan serentak dan pelantikkan pun harus serentak. Jangan sampai ke depan terjadi perubahan lagi,” katanya. (Roy Ratumakin)

Editor : dominggus
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Keputusan Mendagri Final, Pelantikan Kepala Daerah Tak Undur