Sejumlah Bangunan Fasilitas Pendidikan Diresmikan

share on:
Bupati Jayapura ketika meresmikan SD YPK Maribu di Kampung Maribu Distrik Sentani Barat Moi - Jubi / Engel Wally
Bupati Jayapura ketika meresmikan SD YPK Maribu di Kampung Maribu Distrik Sentani Barat Moi – Jubi / Engel Wally

Sentani, Jubi – Sejumlah fasilitas pendidikan (Bangunan Sekolah) yang dibangun pada tahun anggaran 2015, diresmikan secara disimbolis oleh Bupati Jayapura di Sekolah Dasar YPK Kampung Maribu Tua Distrik Sentani Barat Moi, Kamis pekan kemarin.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam mengatakan pada 2015, dianggarkan dana pendidikan sebesar Rp 52 miliar yang diprioritaskan untuk peningkatan mutu.

“Hal ini seperti yang disarankan oleh pihak provinsi kepada kami. Tetapi Kabupaten Jayapura juga mengembangkan sejumlah fasilitas pendidikan dan secara simbolis dan telah diresmikan oleh bapak Bupati Jayapura,” jelas Alpius Toam di Sentani, Sabtu (13/2/2016).

Peningkatan mutu yang diprioritaskan ini meliputi pemberian dana Biaya Operasional Sekolah (BOS), pelatihan kompetensi guru, termasuk pelatihan calon kepala sekolah dan pengawas sekolah.

“Hal ini dilakukan karena sesuai dengan arahan pihak provinsi kepada kami. Kendati demikian, kami di Kabupaten Jayapura ada juga untuk pengembangan akses, seperti taman bermain bagi kelas-kelas PAUD dan sekolah dasar. Pengembangan akses ini lebih fokus di daerah pinggiran termasuk pembangunan rumah guru, karena akan ada guru yang kami tempatkan di setiap pinggiran kota di daerah ini. Hal ini juga sejalan dengan Jayapura layak anak yang dimulai dari setiap kampung-kampung,” ujarnya.

Sebelumnya Bupati Jayapura Matius Awoitau telah memerintahkan semua stakeholder untuk bersama-sama dengan masyarakat Adat untuk memulai membangun sistem pendidikan, yang dimulai dari setiap kampung untuk menuju Jayapura cerdas dan Jayapura layak anak. (Engel Wally)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sejumlah Bangunan Fasilitas Pendidikan Diresmikan