Kantor Imigrasi Papua Barat Deportasi 43 WNA Asal Filipina

share on:

 

Puluhan WNA asal Filipina ketika mendengarkan arahan sebelum dipulangkan ke negaranya – Jubi/Niko
Puluhan WNA asal Filipina ketika mendengarkan arahan sebelum dipulangkan ke negaranya – Jubi/Niko

Sorong, Jubi  –  Sebanyak 43 WNA yang berasal dari Filipina dideportasi ke negara asalnya, oleh kantor imigrasi Papua Barat.

Pemulangan puluhan warga negara Filipina itu melalui pelabuhan Sorong dengan menggunakan KM Labobar menuju Bitung, selanjutnya akan dijemput kapal Baracuda 1 milik pemerintah Filipina untuk diberangkatkan ke negara asalnya.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Papua Barat, Erwin Hendrawinata mengatakan bahwa total WNA dari beberapa daerah di Indonesia yang akan dipulangkan sebanyak 136 orang.

“Jumlah keseluruhannya yang akan dipulangkan itu sebanyak 136 orang WNA, masing-masing berasal dari Ternate 43 orang, Bitung 53 orang dan dari Kota Sorong sendiri sebanyak 53 orang,” kata Erwin kepada Jubi di Sorong, Senin (15/2/2016).

Sebelumnya para WNA ini ditahan di kantor imigrasi sejak 20 Januari lalu. Seharusnya proses deportasi dilaksanakan lebih cepat. Namun karena adanya sedikit kendala dengan pihak perwakilan pemerintah Filipina di Dafao, mereka diberangkatkan Sabtu lalu.

Sebelum dipulangkan WNA asal Filipina tersebut dikumpulkan di kantor imigrasi untuk diberikan arahan selama proses keberangkatan. Selanjutnya mereka diberangkatkan ke pelabuhan Kota Sorong dan dikumpulkan di ruangan terpisah dengan penumpang umum.

Erwin juga mengatakan nantinya di atas kapal mereka tetap dipisahkan dengan penumpang umum untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Dalam perjalanan ke Bitung, mereka didampingi oleh empat orang petugas imigrasi,” katanya.

Selain itu, Erwin juga menyampaikan bahwa anggaran biaya yang digunakan untuk memulangkan warga Filipina ini ditanggung secara keseluruhan oleh pihak Pemerintah Filipina. Dan saat ini masih ada 4 orang WNA lainnya yang masih ditahan di Kota Sorong karena masih menjalani proses persidangan.

WNA asal Filipina, Tony yang dideportasi mengaku senang dapat kembali ke negara asalnya. Ia berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatannya. (Niko MB)

 

 

Editor : TIMOTEUS MARTEN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kantor Imigrasi Papua Barat Deportasi 43 WNA Asal Filipina