ICRC Apresiasi Animo Masyarakat Untuk Operasi Katarak

share on:
Operasi katarak yang dilakukan oleh ICRC di Karubaga pada bulan September tahun 2015 - Dok ICRC
Operasi katarak yang dilakukan oleh ICRC di Karubaga pada bulan September tahun 2015 – Dok ICRC

Tiom, Jubi – Komite Internasional Palang Merah (ICRC) memberikan apresiasi yang tinggi terhadap animo masyarakat Tiom, Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua, menjalani operasi katarak.

Kepala Delegasi Regional Komite Internasional Palang Merah (ICRC) Christoph Sutter, di Tiom, Selasa (16/2/2016), mengatakan, jika dibandingkan dengan beberapa wilayah yang juga telah melakukan operasi katarak, Kabupaten Lanny Jaya tercatat memiliki jumlah pasien terbanyak.

“Selain itu dukungan pemerintah daerah setempat dalam menyukseskan program operasi katarak gratis bagi masyarakat juga sangatlah tinggi,” katanya.

Menurut Christoph, pelaksanaan operasi katarak itu melibatkan banyak pihak sehingga dalam pembagian tugas dan tanggung jawab pun dilakukan secara merata.

“Persiapan yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua bersama Kabupaten Lanny Jaya untuk menggelar operasi katarak ini sangat bagus sehingga pasien-pasien yang berada di wilayah terpencil dapat tercover,” ujarnya.

Dia mengakui, tujuan digelarnya operasi katarak di Kabupaten Lanny Jaya itu dikarenakan wilayah tersebut yang berada di daerah terpencil dan sulitnya akses transportasi.

“Kami memilih Tiom, Kabupaten Lanny Jaya karena daerahnya merupakan ‘remote area’ sehingga dengan adanya operasi katarak gratis ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah tersebut,” katanya lagi.

Dia berharap, tidak saja di Kabupaten Lanny Jaya dapat terselenggara operasi katarak gratis, namun juga di beberapa daerah terpencil dan sulit diakses lainnya. (*)

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  ICRC Apresiasi Animo Masyarakat Untuk Operasi Katarak