Pembuat Film: Pasifik Perlu Rayakan Pahlawan Lokal

share on:
Salah satu bagian adegan dari Film 'Tupaia' - Oceania Film/Island Film Productions/Polynésie 1
Salah satu bagian adegan dari Film ‘Tupaia’ – Oceania Film/Island Film Productions/Polynésie 1

Jayapura, Jubi – Produser Film di Polinesia Prancis, Eliane Koller, mengatakan Pasifik sudah terlalu lama fokus pada penjelajah Eropa, dan kini perlu mulai merayakan pahlawan lokal-nya sendiri.

Eliane Koller baru-baru ini membuat sebuah film, dengan fokus pada kisah Tupaia, Captain Cook Tahiti navigator, yang terampil memandu kapal Endeavour ke Selandia Baru dari Polinesia.

Produser perempuan itu mengatakan, ia pindah untuk membuat film setelah mengamati bagaimana beberapa orang melihat Eropa sebagai penemu Pasifik.

“Tapi apa yang orang lupa adalah bahwa Pasifik sebenarnya ditemukan jauh lebih awal oleh bintang navigator yang jauh lebih baik di bagian navigator. Siapa yang berhasil menemukan semua pulau di Pasifik, sama sekali bukan orang Eropa, banyak dari mereka meninggal dalam perjalanannya karena tidak tahu bagaimana menemukan jalan mereka,” kata Eliane Koller, mengutip Radio New Zealand, Kamis (18/2/2016).

Koller juga mengatakan perlunya membalikan stigma atau wacana yang berkembang selama ini tentang orang Polinesia yang liar. Ia mengatakan orang-orang Polinesia adalah orang-orang yang sangat cerdas. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pembuat Film: Pasifik Perlu Rayakan Pahlawan Lokal