Panen Melimpah, Harga Bumbu Dapur Turun

share on:
Arman penjual tomat saat merapikan dagangannya di Pasar Sentral Hamadi – Jubi/Roy Ratumakin.
Arman penjual tomat saat merapikan dagangannya di Pasar Sentral Hamadi – Jubi/Roy Ratumakin.

Jayapura, Jubi – Masa panen tiba dan hasil panen melimpah, sejumlah harga bumbu dapur turun. Pasokan aneka bumbu dapur seperti tomat dan cabai dari para petani Arso dan Koya mulai ‘membanjiri’ dua pasar tradisional di Kota Jayapura, Pasar Sentral Hamadi dan Pasar Youtefa Abepura.

Turunnya harga tomat dan cabai masih dalam batas wajar dan tidak menimbulkan gejolak di tingkat pengencer. Harga cabai merah kecil kini di kisaran Rp 15 ribu per kilogram dari sebelumnya pada Natal dan Tahun Baru 2016 mencapai Rp 90 ribu. Harga tomat di kisaran Rp 8 ribu per kilogram.

“Biasanya kalau saya jualan 50 kilogram tomat maupun cabai tidak sampai sehari sudah habis. Namun karena stok banyak, stok segitu bisa tiga hari baru habis,” kata Arman, pedagang tomat di Pasar Sentral Hamadi, kepada Jubi, Jumat (19/2/2016).

Siti, penjual bawang merah dan bawang putih di Pasar Youtefa, mengatakan selain mendapat pasokan dari Arso, Koya, dan Sarmi, dirinya juga mendatangkannya dari Surabaya.

Harga bawang merah dan putih dari Arso Rp 45 per kilogram, sementara dari Surabaya pada kisaran Rp 50 ribu per kilogram.

“Untuk saat ini bumbu dapur di tingkat pedagang cukup tersedia bahkan untuk menghadapi Ramadhan tahun ini cukup tersedia tapi bisa saja harganya berubah,” katanya.  (Roy Ratumakin)

 

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Panen Melimpah, Harga Bumbu Dapur Turun