Perusahaan Plat Merah Diminta Dukung GerbangMas

share on:
Kepala Biro Perekonomian Setda Papua, Rika Monim - Jubi/Alex
Kepala Biro Perekonomian Setda Papua, Rika Monim – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua mengajak pihak perusahaan plat merah (BUMN), perbankan dan swasta yang beroperasi di Bumi Cenderawasih mendukung program Gerakan Bangkit Mandiri dan Sejahtera Harapan Seluruh Rakyat Papua (GerbangMas).

Kepala Biro Perekonomian Setda Papua Rika Monim, di Jayapura, Jumat (19/2/2016) mengatakan program GerbangMas saat ini telah masuk dalam RPJMD Provinsi Papua tahun 2013–2018. Untuk itu perlu dukungan dari pihak perbankan, BUMN dan swasta.

“Kami lakukan bukan sesuai kebutuhan kami, tapi sesuai kebutuhan masyarakat. Tahun ini ada program GerbangMas di 15 kabupaten dan fokus di beberapa distrik, kecamatan dan kampung. Bukan pemerintah yang masuk tapi juga pihak swasta, BUMN dan Perbankan,” katanya.

Ia menilai, salah satu kendala yang selama ini menyebabkan terlambatnya pembangunan ekonomi di Papua adalah kurang bersinergisnya antara pemerintah dengan pihak BUMN, swasta dan Perbankan.

Disamping itu, untuk mengatasi berbagai permasalahan ekonomi yang terjadi, pemerintah Provinsi merangkul seluruh stakeholder yang ada. Untuk bagaimana bersama sama mengambil satu sikap bersama guna mempercepat pembangunan ekonomi di Papua.

“Kita tahu selama ini kemiskinan masih terjadi, padahal pemerintah sudah jalan, perbankan sudah jalan, banyak hal yang sudah dilakukan tapi masih tertinggal. Ini yang perlu diperbaiki,” ucapnya.

Ditambahkannya, GerbangMas Hasrat Papua merupakan salah satu program unggulan di era kepempimpinan Gubernur Lukas Enembe dan Wagub Klemen Tinal.  Dimana program ini bertujuan untuk mengubah kualitas hidup masyarakat yang lebih baik, layanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas serta ekonomi yang meningkat.

“Saat ini masyarakat sangat membutuhkan peningkatan taraf hidup dan kesejahhteraan dan pemerintah terus lakukan dan berusaha dengan berbagai strategi sehingga masyarakat dapat merasakan apa yang telah dilakukan,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Papua, Muhammad Musa’ad mengatakan program GerbangMas Hasrat Papua bertujuan untuk menuntaskan wajib belajar sembilan tahun, perbaikan mutu generasi emas, dan berdaya ekonomi serta pemenuhan infrastruktur Papua.

“Program khusus ini merupakan investasi jangka panjang yang membutuhkan konsistensi dalam pelaksananya serta kesabaran dalam pelaksanaannya, tetapi cita-cita besar ini harus dimulai dari sekarang,” kata Musa’ad. (Alexander Loen)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Perusahaan Plat Merah Diminta Dukung GerbangMas