Penghargaan Adipura Tak Hanya Bebas Banjir

share on:
Piala Adipura yang diperoleh Pemkot Jayapura (Jubi/Sindung)
Piala Adipura yang diperoleh Pemkot Jayapura – Jubi/Sindung

Jayapura, Jubi – Kementerian Lingkungan Hidup dan dan Kehutanan menegaskan bahwa penghargaan piala adipura bukan soal wilayah itu bebas dari banjir.

Beberapa penilaian didasarkan pada 17 kategori, semisal pemukiman, jalan, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, rumah sakit/puskesmas, hutan kota, taman kota, terminal bus/angkot, pelabuhan laut, perairan terbuka, tempat pembuangan akhir (TPA), bank sampah, dan pengolahan sampah skala kota.

“Amanat undang-undang itu, selain bersih, teduh dan pengelolaan sampah. Meskipun ada banjir atau longsor itu masuk dalam penilaian drainase dan itu masuk bagian nilainya jatuh di jalan tersebut. Tetapi kita minta ini juga menjadi perhatian,” kata Staf Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Arif, di Jayapura Kamis (18/2/2016).

Ia bahkan meminta masyarakat agar membantu pihaknya dalam menilai penghargaan adipura. “Tapi jangan dipolitisir. Harus ada bukti foto dan kami akan lakukan kroscek,” katanya.
Terkait penilaian Adipura 2016, Arif menyarangkan kepada Pemerintah Kota Jayapura untuk menutup TPA yang masih bersistem open dumping. Meski hal yang baru seperti adanya penggunaan TPA Sanitary Renfield Koya Koso sudah dipergunakan sehingga optimis kedepan peraihan adipura 2016 akan lebih mudah lagi.

“Arahnya sudah bagus dan banyak penilaian yang positifnya, dan yang terutama kepada penilaian keikutsertaan masyarakatnya. Ada yang harus diperbaiki dan saya harap Pemerintah Kota Jayapura bisa,” katanya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Jayapura, Ketty Keilola mengatakan masukan kementerian lingkungan akan diangkat bersama dari semua stakehoklder, seperti DKP, PU dan Tata Kota serta BLH sehingga 17 kategori itu mempunyai nilai yang sangat bagus.

“Ini keinginan kita untuk dapat mewujudkan penilaian Adipura di tahun 2016 mendatang meski diakui bahwa penilaiannya semakin kompleks,” katanya. (Sindung Sukoco)

Editor : TIMOTEUS MARTEN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Penghargaan Adipura Tak Hanya Bebas Banjir