Perfilman Selandia Baru Mulai Percakapkan Papua Barat

share on:
Tere Harrison, wartawan dan produser film. - RNZ / Johnny Blades
Tere Harrison, wartawan dan produser film. – RNZ / Johnny Blades

Jayapura, Jubi – Seorang jurnalis Selandia Baru dan produser film berharap film pendek barunya tentang nasib orang Papua Barat akan menjadi dorongan untuk diskusi tentang situasi di wilayah Papua, Indonesia.

‘Jalan Lurus’- ‘Run it Straight’ menggambarkan keputusan dari sebuah klub liga rugby di Wellington untuk menunjukkan dukungan anggotanya kepada Papua Barat, yang mereka anggap sebagai sesama saudara di kawasan Kepulauan Pasifik.

Film ini ditulis dan disutradarai oleh Tere Harrison yang merasa gelisah tentang tinggal diam atas apa yang terjadi pada orang-orang Papua Barat di bawah pemerintahan Indonesia.

” ‘Jalan Lurus’, tujuannya adalah untuk memulai percakapan, khususnya di masyarakat Maori, tentang Papua Barat, karena saya telah melihat bahwa orang-orang kami tidak begitu umum dalam percakapan tentang Papua Barat. Dan ada alasan untuk itu tentu saja yaitu kekuasaan pemerintah Indonesia yang diam atas isu-isu ini di seluruh dunia, apalagi melalui Maori, sangat besar,” kata sutradara perempuan itu, mengutip Radio New Zealand, Sabtu (20/2/2016). (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Perfilman Selandia Baru Mulai Percakapkan Papua Barat