Jalur Kereta Api di Papua Diharapkan Segera Terwujud

share on:
Ilustrasi - Jubi
Ilustrasi – Jubi

Sorong, Jubi – Masyarakat berharap pembangunan jalur kereta api di Provinsi Papua dan Papua Barat terwujud sebelum berakhir masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Kami berharap jalur kereta api di Papua dan Papua Barat yang sudah direncanakan dapat terwujud di masa pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla,” kata Tokoh Pemuda Papua Barat Mekyas Dorowe di Sorong, Senin (22/2/2016).

Dia mengatakan, kehadiran kereta api adalah solusi guna mengatasi kesulitan transportasi di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Selama ini, katanya, masyarakat hanya mengandalkan transportasi laut dan udara untuk mobilisasi dari daerah satu ke daerah yang lain di Papua.

Biaya transportasi udara sangat tinggi dan hanya dapat dijangkau oleh masyarakat yang memiliki penghasilan tinggi. Biaya transportasi laut murah namun kapal penumpang terbatas untuk menjangkau seluruh wilayah Papua dan Papua Barat.

Oleh karena itu, lanjut Melkias, kereta api adalah solusi yang tepat untuk menjangkau wilayah Papua dan Papua Barat.

Ia menyampaikan, masyarakat sangat mendukung rencana pemerintah pusat membangun jalur kereta di Papua karena akan memudahkan mobilisasi masyarakat dari satu kabupaten ke kabupaten yang lain.

“Namun masyarakat bertanya dapatkah pembangunan tersebut terwujud sebelum masa jabatan Jokowi dan Jusuf Kalla berakhir,” ujarnya.

Dia yakin Presiden Joko Widodo Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan perhatian khusus terhadap pembangunan di Provinsi Papua dan Papua Barat terutama pembangunan jalur kereta api. (*)

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jalur Kereta Api di Papua Diharapkan Segera Terwujud