Legislator DPR Sosialisasi Konsensus Berbangsa di Holtekam

share on:
Lapangan komplek Pesantren Hidayatullah Jayapura - Jubi/IST
Lapangan komplek Pesantren Hidayatullah Jayapura – Jubi/IST

Jayapura, Jubi/Antara – Legislator dari Komisi VII DPR Daerah Pemilihan (Dapil) Papua H Jamaluddin Jafar, menyosialisasikan empat konsensus berbangsa dan bernegara di Pondok Pesantren Hidayatullah Holtekamp, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Selasa (23/2/2016).

Jamaludin yang ditemui di Jayapura, Selasa (23/2/2016), mengemukakan sosialisasi itu merupakan salah satu upaya untuk menepis stigma negatif terhadap agama Islam yang disebut sebagai agamanya teroris dan beraliran radikal.

“Dipilihnya Pondok Pesantren Hidayatullah tujuannya untuk memberikan pemahaman nilai-nilai dari empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Di samping itu, lanjut dia, pentingnya berperilaku kehidupan berbangsa dan bernegara yang berlandaskan hukum.

Hal itu juga untuk menepis stigma negatif terhadap agama Islam sebagai agamanya teroris dan beraliran radikal.

“Diadakannya sosialisasi empat konsensus berbangsa dan bernegara, tujuannya agar seluruh lapisan masyarakat bisa memahami nilai-nilai luhur yang terkandung dalam empat Pilar kebangsaan tersebut,” katanya.

Dasar diadakan sosialisasi, menurut dia, adalah Keputusan MPR, bahwa setiap Anggota MPR dan DPR diberi tugas untuk memberi sosialisasi tentang empat konsensus berbangsa dan bernegara atau empat pilar kebangsaan.

“Mengingat belakangan ini pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sudah memulai memudar, jauh berbeda pada saat jaman negara ini baru diproklamirkan,” ujarnya. (*)

Editor : TIMOTEUS MARTEN
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Legislator DPR Sosialisasi Konsensus Berbangsa di Holtekam