Stigma Papua Tak Aman Berdampak Pada Pariwisata

share on:
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua, David Pagawak - Jubi/Alex
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua, David Pagawak – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua, David Pagawak, di Jayapura, Selasa (23/2/2016) mengatakan pariwisata Papua tidak maju-maju karena adanya stigma tidak aman. Dampaknya, banyak wisatawan dalam negeri maupun luar negeri enggan datang lantaran takut.

“Kalau soal kejadian kriminalitas dan gangguan kamtibmas itu biasa karena di daerah lain juga pasti terjadi hal demikian. Secara umum Papua aman, kenapa mereka tidak mau datang, karena ada stigma yang menghalangi halangi wisatawan nusantara maupun luar negeri datang,” katanya.

Menurut Pagawak, banyak biro perjalanan wisata yang beroperasi di pusat banyak membelokan wisatawan yang ingin datang ke Papua ke daerah lain seperti Bali, Sulawesi, Kalimantan dan daerah lainnya.

“Menakut-nakuti wisatawan itu tidak baik, apalagi membelokan wisatawan yang ingin datang. Itu sering dilakukan biro perjalanan. Bebaskan mereka datang karena memang ada objek unggulan di Papua,” ucapnya.

Untuk memajukan wisata di Papua, ujar Pagawak, tidak bisa dikerjakan sendiri oleh pihaknya, semua kelompok harus terlibat secara proaktif. Jadi harus ada sinergitas. “Saya tidak bisa bekerja sendiri karena kami punya tugas itu mempromosikan sumber daya alam yang ada,” kata Pagawak.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan potensi pariwisata yang ada di Bumi Cenderawasih tak hanya perlu dipublikasikan lebih luas, tetapi juga butuh dikemas dengan cara jeli hingga dapat menghadirkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Bila seluruh potensi yang ada di Papua dikemas dengan baik dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, maka bakal menarik banyak wisatawan lokal serta asing yang berkunjung ke Papua,” kata Lukas Enembe. (Alexander Loen)

 

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Stigma Papua Tak Aman Berdampak Pada Pariwisata