Kepala Distrik di Merauke Turun ke Jalan Tangkap Kambing

share on:
sapi
Sapi berkeliaran dalam wilayah Kota Merauke. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi- Ternak milik warga dalam wilayah Kota Merauke dan sekitarnya, berkeliaran bebas di sejumlah tempat. Para pemilik bersikap masa bodoh dan membiarkan ternaknya begitu saja. Padahal, telah ada pemberitahuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke agar ternak yang dipelihara seperti kambing, sapi maupun babi harus dikandangkan.

Di Jalan Noari, Rabu (24/2/2016), terlihat beberapa sapi berkeliaran di pinggir jalan. Bahkan  secara leluasa menyeberang jalan, padahal jalan tersebut ramai dilalui kendaraan roda dua dan empat.

Kepala Distrik Merauke, Hasan Matdoan menuturkan, pihaknya sudah melakukan pertemuan bersama para Lurah dan mengingatkan agar  warga tidak melepas ternaknya. Karena justru ternak akan leluasa melintas di jalan utama dan membahayakan kendaraan yang melintas.

“Beberapa waktu lalu saya turun langsung bersama staf dan melakukan penangkapan terhadap sejumlah ternak seperti kambing. Karena pemiliknya tidak bertanggungjawab mengikat atau mengkandangkan,” ujarnya.

Diharapkan agar masyarakat terutama pemilik ternak, mempunyai kesadaran untuk mengikat atau mengkandangkan ternaknya. Sehingga tidak berkeliaran bebas begitu saja.

Seorang warga di Kelurahan Samkai, Ikhsan (45) membenarkan banyak ternak seperti kambing dan sapi dilepas oleh pemiliknya begitu saja.

“Kita juga tidak tahu siapa pemilik ternak. Tentunya diharapkan ada kesadaran pemiliknya mengikat dan tidak membiarkan berkeliaran secara bebas,” katanya. (Frans L Kobun)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kepala Distrik di Merauke Turun ke Jalan Tangkap Kambing