Inilah Strategi Disdik Kota Jayapura Hadapi MEA

share on:
Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dinas Pendidikan Kota Jayapura, Nurhadi - Jubi/Sindung
Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dinas Pendidikan Kota Jayapura, Nurhadi – Jubi/Sindung

Jayapura, Jubi – Dinas Pendidikan Kota Jayapura menyiapkan strategi dengan memfokuskan pada keterampilan skill di tiap sekolah untuk mempersiapkan diri menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Untuk pertanian kami memfokuskan kepada SMK 4 Koya. Mereka lebih menonjolkan skill dari pertanian dan aerowisata, SMK 8 dengan perikanannya, SMK 5 skill dengan ilmu teknologi, SMK 10 Immeruw fokus teknologi pendingin, SMK 1 perhotelan dan SMK 2 Pariwisata,” kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dinas Pendidikan Kota Jayapura, Nurhadi kepada Jubi, Rabu (25/2/2016).

Pihaknya bahkan memberikan keleluasaan sepenuhnya kepada SMK untuk bekerja sama dengan semua pihak, terutama pihak ketiga untuk peningkatan khawalitas dan mutu kelulusannya ke depannya.

“MEA butuh skill, bukan teori-teori. Baca peluang pintar bernegosiasi dan supel berusaha. Dan SMK itu belajar peluang,” katanya.

Direktur Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Mustaqhfirin Amin seperti dilansir salah satu media online mengatakan, perlunya pemetaan kebutuhan tenaga kerja di masing-masing daerah. Pemetaan bisa dilakukan dengan meminta informasi dari kementrian Perindustrian.

“Jadi, jurusan SMK dibuat berdasarkan kebutuhan wilayahnya supaya lulusan SMK bisa terserap sebagai tenaga kerja,” katanya. (Sindung Sukoco)

Editor : TIMOTEUS MARTEN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Inilah Strategi Disdik Kota Jayapura Hadapi MEA