Panwaslukada: Pilkada Ulang Mamra Direncanakan 19 Maret

share on:
Ilustrasi - ist
Ilustrasi – ist

Jayapura, Jubi – Divisi Penanganan Pelanggaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Mamberamo Raya, Papua, Andre. W. Fonataba mengatakan, pihaknya telah merencanakan tanggal 19 Maret 2016 setelah ditetapkan pemunguatan suara ulang oleh Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK-RI).

 

Andre. W. Fonataba mengatakan, pihaknya bersama KPU Mamberamo Raya dan KPU Provinsi Papua telah membicarakan bersama tahapan untuk pemunguatan suara ulang.

“Kami dari Panwaslu akan tetap melakukan tugas mengawasi jalannya pemungutan suara ulang, sebagaimana telah ditetapkan tanaggal 19 Maret serta tahapan lainnya,” kata Andre Fonataba di Jayapura, Kamis (25/02/2016).

Menurut dia, tahapan sudah siap dimulai Pemilukada Mamberamo Raya yang telah ditetapkan MK RI kepada para calon supaya menenangkan massa sehingga bisa mencip

“Kami sudah berkoordinasi dengan KPU Papua kemarin dan hari ini, pleno penetapan dan jadwal program sudah susun anggaran,” katanya.

Lanjut dia, kemudian sudah dijadwalkan pada 29 Februari sampai 3 Maret akan dilakukan perektrutan dan menggantikan semua penyelenggara baik PPD, KPS dan KPPS.

Ketika disinggung besarnya biaya yang akan digunakan, kata dia besarnya biaya sekitar Rp.5 Miliar lebih untuk 10 TPS sebab distribusi semua surat suara harus melalui transportasi udara.

“Saran masukan kepada para calon adalah yang pasti supaya mari sebagai warga negara yang baik tunduk melaksanakn pemilihan suara ulang dengan damai. Supaya, rakyat memberikan haknya dengan kehendak,” katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, jangan memaksakan kehedenak dengan cara-cara yang tidak terpuji dan jangan mempengaruhi masyarakat untuk bertindak anarkhis. “Ada tiga pasangan calon semua punya hak untuk mengikuti pemilukada ulang ini,” jelasnya.

Ketua KPUD Mamberamo Raya, Klemens Obet Sineri mengatakan, massa pendukung untuk menerima keputusan MK yang memerintahkan pemungutan surat suara ulang di 10 TPS.

“Saya minta supaya massa pendukung untuk tetap tenag melihat apa yang dikerjakan KPU saat ini dan harapannya mari kita sama-sama dukung serta menerima keputusan MK ini,” tuturnya. (Abeth You)

Editor : dominggus
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Panwaslukada: Pilkada Ulang Mamra Direncanakan 19 Maret