Xinjiang Gunakan Media Hiburan Dalam Penanggulangan Terorisme

share on:
Salah satu tempat yang ramai dikunjungi di Xinjiang, Tiongkok - newstalk.com
Salah satu tempat yang ramai dikunjungi di Xinjiang, Tiongkok – newstalk.com

Beijing, Jubi/Reuters – Wilayah rawan kekerasan Xinjiang di Tiongkok barat akan memanfaatkan media hiburan untuk menanggulangi terorisme, dengan menggelar berbagai kegiatan kebudayaan -pada umumnya melibatkan lagu dan tarian- untuk menyebarkan pesan penegakan hukum, kata media pemerintah, Kamis.

Ratusan orang tewas dalam beberapa tahun belakangan di Xinjiang, yang kaya sumberdaya alam dan terletak strategis di perbatasan Asia tengah, dalam kekerasan masyarakat Uighur, yang menyebut kawasan itu sebagai kampung halaman mereka, dengan suku besars Han.

Pemerintah menyalahkan kelompok keras Islam atas kerusuhan tersebut, meskipun kelompok hak asasi manusia dan tokoh dalam pelarian menyebutkan bahwa kemarahan atas kendali pemerintah terhadap agama dan budaya Uighur lebih pantas dipersalahkan. Tiongkok membantah melakukan penindasan di Xinjiang.

Harian “Xinjiang Daily” mengatakan pemerintah akan memulai babak baru dalam kegiatan pendidikan masyarakat untuk menyebarkan pengetahuan mengenai hukum baru kontra-terorisme Tiongkok, yang diluluskan tahun lalu, untuk membantu menciptakan perdamaian dan ketenangan kawasan itu. Kegiatan tersebut akan “memobilisasi massa dari semua suku untuk secara proaktif dan aktif berpartisipasi dalam perang melawan terorisme”, kata harian itu.

Di samping penegak hukum dan pengacara akan menggelar diskusi publik, juga akan ada peran besar bagi kebudayaan, imbuh harian itu.

“Lakukan banyak kegiatan propaganda budaya yang menghibur massa, dan biarkan mereka diedukasi melalui hiburan,” kata harian itu, menyitir perintah pemerintah. Meski tidak disebutkan secara rinci, namun umumnya acara-acara semacam itu melibatkan nyanyian dan tarian serta drama komedi. (*)

Editor : -
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Xinjiang Gunakan Media Hiburan Dalam Penanggulangan Terorisme