Sanksi Pembekuan PSSI akan Dicabut, Ketua DPRP Sayangkan Pembubaran Persipura

share on:
PSSI - IST
PSSI – IST

Jayapura, – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) Yunus Wonda menyayangkan pembubaran pemain tim Persipura Jayapura yang dilakukan beberapa waktu lalu, sementara sanksi pembekuan kepada PSSI segera dicabut oleh Menpora berdasarkan petunjuk Presiden Joko Widodo.

“Pemain-pemain Persipura terlalu cepat dibubarkan atau diistirahatkan oleh manajemen meskipun itu keputusan bersama,” kata Yunus Wonda di Kota Jayapura, Papua, Kamis (25/2/2016).

Menurut dia, informasi soal rencana pencabutan sanksi kepada PSSI oleh Menpora telah sampai ke telinganya. Karena dengan pencabutan sanksi, maka tidak lama lagi akan ada liga yang resmi digulirkan kembali, sehingga Persipura Jayapura bisa kembali bermain lagi.

“Tapi kondisi para pemain Persipura sebagiannya telah hengkang ke klub di dalam dan di luar Indonesia. Kalau ada kompetisi bagaimana?,” katanya.

Apalagi, selama ini kata dia, Mutiara Hitam julukan tim Persipura merupakan salah satu ikon dan kebanggaan masyarakat Papua sebagai olah raga yang membumi.

“Kami sayangkan, kenapa selalu manajemen Persipura tak melihat dulu proses-proses jika ada masalah. Beberapa waktu lalu, pemain Persipura dibubarkan dan ditarik kembali, kemudian kembali diistirahatkan atau dibubarkan lagi. Kan kasihan pemain dipimpong,” katanya.

Jika masalah Persipura adalah terkait sponsor, seharusnya kata dia, manajemen bisa menyurat ke DPRP guna meminta solusi atau dukungan finansial sehingga bisa dicarikan secara bersama jalan keluar dari persoalan yang dialami, bukan dengan mengistirahatkan atau membubarkan pemain.

“Kalau menyangkut finansial, sampaikan kepada rakyat Papua dan bicara dengan pihak terkait termasuk DPRP dan lainnya, agar bagaimana bersama-sama mencari solusi. Kini beberapa pemain inti Persipura dikontrak klub lain,” katanya.

Kalau sudah begini, kata dia, otomatis akan ada latihan lagi dari awal jika kompetisi atau turnamen resmi kembali bergulir.

“Melatih pemain dari nol itu tak gampang, mengembalikan stamina, memadukan strategi dan pola bermain termasuk pembinaan pasti akan berubah, padahal pembinaan yang dimiliki Persipura tak dimiliki oleh klub lain di tanah air,” katanya. (*)

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sanksi Pembekuan PSSI akan Dicabut, Ketua DPRP Sayangkan Pembubaran Persipura